Sidik Jari Bruno Fernandes di Gol-gol Manchester United

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 07:04 WIB
Sulit membayangkan kemenangan Manchester United atas Club Brugge tanpa keberadaan Bruno Fernandes di area sepertiga akhir lapangan. Bruno Fernandes merayakan gol ke gawang Club Brugge. (AFP/OLI SCARFF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sulit membayangkan kemenangan Manchester United atas Club Brugge pada babak 32 besar Liga Europa tanpa keberadaan Bruno Fernandes di area sepertiga akhir lapangan Stadion Old Trafford, Jumat (28/2) dini hari WIB.

Fernandes menjadi arsitek tiga gol MU pada babak pertama. MU memang menang 5-0, namun tanpa pemain asal Portugal itu belum tentu The Red Devils bisa 'killing the game' hanya dalam waktu 45 menit.

Skor 1-1 pada leg pertama membuat MU dan Brugge sama-sama memiliki kans melaju ke babak 16 besar. MU bisa lolos dengan bermain imbang tanpa gol di kandang, namun Brugge juga punya peluang menang tandang.


Sama-sama memiliki kesempatan, MU dan Club Brugge menyajikan laga seru sejak menit pertama. Tuan rumah langsung berupaya menekan dengan memanfaatkan ball possesion, sementara tim tamu mencari celah dari serangan balik.

MU baru bisa menciptakan keunggulan pada menit ke-27 melalui penalti Fernandes. Wasit Serdar Gozubuyuk menunjuk titik putih setelah Simon Deli handsball.

Sidik Jari Bruno Fernandes di Gol-gol Manchester UnitedBruno Fernandes memiliki andil besar dalam kemenangan MU atas Club Brugge. (AFP/OLI SCARFF)
Deli berupaya menghalangi bola yang disepak Daniel James. Gelandang MU tersebut mendapat umpan cantik dari Fernandes yang 'beratraksi' dengan umpan tumit di dalam kotak penalti.

Kejelian Fernandes dalam memberikan umpan satu sentuhan sebelumnya juga terjadi ketika membantu Aaron Wan-Bissaka di sisi kanan.

Setelah sukses mengeksekusi penalti dengan gaya khasnya, melompat sebelum menendang, Fernandes terus menyihir Theatre of Dreams dengan menampilkan skill yang apik.

[Gambas:Video CNN]

Memasuki menit ke-34, MU unggul 2-0. Gol dicetak Odion Ighalo memanfaatkan assist Juan Mata. Lantas di mana peran Fernandes?

Gelandang yang pernah berlaga di Liga Italia itu melepaskan umpan kunci kepada Mata. Mendapat bola di luar kotak penalti. Fernandes sempat mencari ruang untuk melepas umpan dengan melakukan gerak tipu.

Beberapa detik melakukan utak-atik, sebuah umpan lambung dilepaskan ke dalam kotak penalti yang disambut dengan brilian oleh Mata.

Fernandes kembali menjalani peran yang sama dalam proses gol ketiga MU. Sebelum Scott McTominay melepaskan bola hasil umpan Fred, Fernandes lebih dulu memiliki andil.

Sidik Jari Bruno Fernandes di Gol-gol Manchester United


Melakukan pressing di sisi kiri, Fernandes kemudian mengirim bola ke arah Fred yang lebih dekat ke kotak penalti.

Satu gol, dua umpan kunci, dan empat tembakan, serta sederet aksi apik yang ditampilkan seolah menjadi bukti Fernandes memang layak menjadi andalan baru dan Ole Gunnar Solskjaer tidak melakukan pembelian pemain yang salah.

Kendati demikian, Fernandes masih harus membuktikan konsistensi bersama MU pada ajang-ajang selanjutnya hingga skuat Manchester Merah meraih gelar juara lagi. (nva/nva)