Virus Corona Bisa Bikin Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

CNN Indonesia | Sabtu, 29/02/2020 17:35 WIB
Virus Corona Bisa Bikin Liverpool Gagal Juara Liga Inggris Liverpool bisa kehilangan gelar juara musim ini. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool bisa gagal juara Liga Inggris musim ini gara-gara wabah virus corona yang menjadi status gawat darurat berdasarkan deklarasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).

The Reds kini unggul 22 poin atas Manchester City di klasemen sementara Premier League dari 27 pertandingan.

Wabah Covid-19 yang bermula dari Wuhan, China, kini menyebar dengan cepat ke sejumlah benua lain, termasuk Eropa.


Karena penyebaran itu, pemerintah Italia sempat menunda beberapa pertandingan Serie A di pekan lalu.


Tidak hanya itu, turnamen rugbi Enam Negara antara Irlandia vs Italia di Dublin, pekan depan, juga ditunda gara-gara virus corona.

Melihat reaksi sejumlah pihak yang menunda atau membatalkan agenda olahraga di Eropa karena virus corona, Liga Inggris bisa mengikuti kebijakan tersebut.

Ilustrasi penanganan virus corona.Ilustrasi penanganan virus corona. (Photo by STR / AFP)
Jika pemerintah Inggris mengambil langkah seperti pemerintah Italia, maka turnamen Liga Inggris yang memasukin pekan ke-28 ini bisa disetop di tengah jalan. Dengan begitu, kesempatan Liverpool meraih gelar pertama setelah 30 tahun bakal pupus.

Dikutip dari Mirror berdasarkan laporan Telegraph, tidak ada aturan di Premier League terkait musim yang disetop.

[Gambas:Video CNN]

Sejauh ini rumor yang beredar pemerintah Inggris bisa turun tangan dan membatalkan semua kegiatan olahraga selama dua bulan. Dengan begitu kompetisi Liga Inggris 2019/2020 berhenti di tengah jalan.

Liverpool Bisa Gagal Juara Liga Inggris karena Virus Corona
Membatalkan The Reds menjadi juara Liga Inggris musim ini berpotensi memunculkan keributan besar. Namun pihak Premier League juga akan menghadapi keputusan sulit jika tetap menetapkan tim asuhan Jurgen Klopp itu sebagai juara, dan pada saat yang sama mendegradasi tiga tim terbawah.

Menurut Telegraph, tidak ada jaminan tiga klub terbawah tidak akan terdegradasi pada akhir kompetisi nanti, tanpa peraturan khusus yang mengatur skenario tersebut.

Sementara itu, pihak Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sendiri sudah buka suara soal virus corona ini terkait pelaksanaan Piala Eropa 2020, di mana Stadion Wembley akan menggelar laga semifinal dan final.

FA akan mendengarkan semua saran banyak pihak dan mengevaluasi situasi corona ini. Keselamatan dan keamanan semua orang yang akan hadir dalam acara tersebut menjadi priritas utama FA. (sry/sry)