Indonesia Positif Corona, Kemenpora Tunggu Arahan Kemenkes

CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 14:34 WIB
Indonesia positif virus corona, Kemenpora tunggu arahan dari Kemenkes terkait agenda-agenda kompetisi di tanah air. Kemenpora RI masih menunggu arahan dari Kemenkes terkait WNI tertular virus corona dan agenda-agenda kompetisi dalam negeri. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI soal agenda kompetisi olahraga domestik terkait virus corona yang mulai merambat ke Indonesia.

Indonesia tak luput dari wabah virus corona. Total dua Warga Negara Indonesia (WNI) tertular virus corona.

Situasi ini pun disebut Sekretaris Menpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto membuat Indonesia dalam posisi siaga termasuk dalam penyelenggaraan kompetisi di semua olahraga. Terlebih, agenda tersebut seperti Liga 1 2020 mengundang massa dan rentan penularan corona.


Meski demikian, Gatot melanjutkan, Kemenpora tetap dalam posisi menunggu instruksi dari Kemenkes terkait agenda-agenda kompetisi di dalam negeri.

Indonesia Positif Corona, Kemenpora Tunggu Arahan Kemenkes
"Kami akan terus berkomunikasi dengan pihak Kemenkes. Memang belum ada surat yang kami kirimkan ke Kemenkes, namun komunikasi tetap berjalan."

"Yang jelas, posisi kami adalah menunggu instruksi dari Kemenkes terkait virus corona dan agenda-agenda kompetisi di dalam negeri," kata Gatot ketika dihubungi CNNIndonesia.com.

Sejauh ini diakui Gatot, Kemenpora belum menyampaikan instruksi maupun imbauan ke induk olahraga di Indonesia soal kompetisi yang berjalan terkait situasi siaga terhadap virus corona.

"Tapi kalau untuk cabor-cabor yang sudah melakukan persiapan [pelatnas] untuk Olimpiade, kami terus mengimbau agar tetap berhati-hati dan dalam posisi alert [siaga]."

"Sebelumnya juga kami pernah bersurat kepada PB-PB terkait instruksi untuk membatalkan Pelatnas di China karena berdasarkan keterangan WHO, sudah memasuki tahap darurat. Saat itu juga kami mendapatkan instruksi dari Kemenkes. Kini kami dalam posisi menunggu karena kami baru terima kabar per hari ini," terang Gatot.

Indonesia Positif Corona, Kemenpora Tunggu Arahan Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerangkan bahwa WNI yang positif virus corona adalah warga Depok setelah kontak dengan warga negara Jepang.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan dua WNI yang terinfeksi virus corona adalah seorang ibu (64) dan putrinya (31). (bac/sry)