MU Unggul Atas Man City di Babak Pertama

CNN Indonesia | Senin, 09/03/2020 00:21 WIB
Gol dari Anthony Martial membuat MU unggul atas Manchester City di babak pertama dalam laga lanjutan Liga Inggris. Manchester United unggul 1-0 atas Manchester City. (AP/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United unggul 1-0 atas Manchester City di babak pertama dalam laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (8/3) waktu setempat.

Man City langsung memegangi kendali permainan sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya babak pertama. Di sisi lain, MU bermain mengandalkan skema serangan balik.

Di menit ke-10, Man City sudah memberikan ancaman ke gawang MU yang dikawal David de Gea. The Citizens mengancam lewat tendangan Raheem Sterling ke tiang jauh dari dalam kotak penalti yang masih bisa digagalkan De Gea.


Enam menit berselang giliran MU yang mendapatkan peluang. Bruno Fernandes mengirimkan umpan kepada Daniel James yang tidak terkawal. Namun, tendangan James dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Ederson.

MU Unggul Atas Man City di Babak PertamaAnthony Martial membawa MU unggul 1-0 atas Manchester City di babak pertama. (AP Photo/Rui Vieira)
Setelah itu, duel kedua tim berjalan sengit di lini tengah. Man City pun mendominasi permainan dengan penguasaan bola sebanyak 68 persen berbanding 32 persen milik MU.

Meski menguasai bola, The Citizens kesulitan untuk menciptakan peluang karena pertahanan tuan rumah yang solid. Situasi itu dimanfaatkan MU yang selalu berbahaya saat melakukan serangan balik cepat.

[Gambas:Video CNN]

Di menit ke-28, MU hampir saja unggul 1-0 andai Anthony Martial tidak egois. Penyerang asal Prancis itu memaksa untuk melepaskan tembakan meski ada Fernandes yang berada dalam posisi lebih terbuka.

Penyelesaian akhir Martial dengan mudah diantisipasi oleh Ederson.

Dua menit berselang, MU akhirnya berhasil unggul 1-0. Tendangan bebas cerdik dari Fernandes yang mencungkil bola diselesaikan Martial dengan tendangan first time kaki kanan yang membobol gawang Ederson.

MU Unggul Atas Man City di Babak Pertama
Fernandes punya peluang untuk menempatkan namanya di papan skor hanya beberapa menit berselang. Namun, sundulan Fernandes memanfaatkan umpan Luke Shaw masih jauh dari sasaran.

MU terus merepotkan pertahanan Man City setelah gol yang dicetak Martial. Sebaliknya tim asuhan Pep Guardiola tidak lagi leluasa untuk mendominasi penguasaan bola seperti di awal babak pertama.

Di sisa waktu babak pertama, Man City coba membobol gawang MU. Akan tetapi upaya itu tidak membuahkan hasil dan MU menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Susunan pemain

Manchester United (3-4-1-2): David de Gea; Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Aaron Wan-Bissaka, Fred, Nemanja Matic, Brandon Williams; Bruno Fernandes; Daniel James, Anthony Martial.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, Nicolas Otamendi, Fernandinho, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Rodri, Ilkay Gundogan; Phil Foden, Sergio Aguero, Raheem Sterling. (jal/jal)