Tanda-tanda MotoGP 2020 Kembali Diundur

CNN Indonesia | Senin, 09/03/2020 18:49 WIB
MotoGP 2020 berpeluang kembali mengalami perubahan jadwal setelah MotoGP AS dalam ancaman dan kondisi wabah virus corona di Italia. MotoGP Amerika Serikat 2020 berpeluang ditunda. (AP Photo/Eric Gay)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP 2020 berpeluang kembali mengalami perubahan jadwal setelah MotoGP Amerika Serikat dalam ancaman dan kondisi wabah virus corona di Italia.

Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports, selaku pengelola MotoGP, memutuskan untuk mengubah jadwal MotoGP 2020. Keputusan itu diambil setelah MotoGP Qatar dibatalkan dan MotoGP Thailand diundur.

MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, 3-5 April mendatang, kemudian dipilih menjadi seri pembuka yang semula merupakan seri ketiga. Tapi, belakangan MotoGP Amerika Serikat juga terancam batal.


Pemerintah Daerah Austin sudah menyatakan status darurat di kota tersebut sebagai usaha pencegahan wabah virus corona. Kegiatan yang melibatkan 2.500 orang atau lebih dilarang kecuali sang penyelenggara bisa meyakinkan Depatemen Kesehatan Austin bahwa rencana mitigasi penyakit menular sudah ada.

MotoGP Amerika Serikat diplot sebagai pembuka MotoGP 2020.MotoGP Amerika Serikat diplot sebagai pembuka MotoGP 2020. (AP Photo/Eric Gay)
Kegiatan besar di Austin yang sudah menjadi korban karena virus corona adalah festival South by Southwest (SXSW) yang semula dijadwalkan berlangsung 13-22 Maret 2020.

SXSW mampu mendatangkan lebih dari 70.000 penonton tahun lalu. Sementara MotoGP Amerika Serikat di Austin berhasil mendatangkan 120 ribu penonton dalam tiga hari.

Tanda-tanda MotoGP 2020 Kembali Diundur
Kondisi tidak menentu MotoGP Amerika Serikat membuat MotoGP 2020 berpeluang diundur hingga 17-19 April 2020 di MotoGP Argentina. Hingga kini balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo belum terganggu masalah virus corona.

Tanda-tanda MotoGP 2020 kembali diundur juga muncul dari Italia. Pemerintah Italia memutuskan untuk mengisolasi wilayah Lombardy dan 11 provinsi untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Isolasi tersebut berlaku mulai 8 Maret dan bisa berlangsung hingga 3 April.

Salah satu provinsi yang terkena isolasi adalah Pesaro Urbino, yang merupakan tempat kampung halaman pebalap Yamaha Valentino Rossi, Tavullia. Bukan hanya Rossi yang tinggal di kota tersebut, Franco Morbidelli dan Francisco 'Pecco' Bagnaia juga tinggal di Tavullia.

[Gambas:Video CNN]
Jika isolasi berlaku hingga 3 April, maka Rossi, Morbidelli, dan Bagnaia dipastikan tidak bisa tampil di MotoGP Amerika Serikat. Sesuai kesepakatan awal Dorna Sports dan FIM, jika ada pebalap atau kru tim yang tidak bisa tampil karena masalah virus corona, maka balapan tidak akan digelar.

Bukan hanya Rossi, Morbidelli dan Bagnaia yang kemungkinan bisa hadir di MotoGP Amerika Serikat. Kru Yamaha, Suzuki, Ducati, dan Aprilia juga berasal dari Italia dan kemungkinan besar tidak bisa meninggalkan negara tersebut.

Italia merupakan salah satu negara Eropa yang terkena wabah virus corona paling buruk. Hingga hari ini, Senin (9/3), data John Hopskins CSSE menyebut ada 7.375 kasus positif corona dengan 366 kasus kematian.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta siap menggelar balapan hingga Desember 2020.CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta siap menggelar balapan hingga Desember 2020. (KARIM JAAFAR / AFP)
Kondisi ini membuat pengunduran jadwal MotoGP 2020 ke MotoGP Argentina menjadi opsi terbaik. Belakangan Sirkuit Internasional Sepang (SIC) dikabarkan mengajukan diri untuk menggelar dua balapan MotoGP Malaysia musim ini demi menggantikan seri balapan yang hilang.

SIC bahkan dikabarkan siap menggelar seri pertama MotoGP 2020 jika MotoGP Amerika Serikat tidak bisa berlangsung.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, hingga kini tetap tenang menghadapi situasi yang tidak menentu. Sesuai perjanjian awal dengan FIM, Dorna Sports harus menggelar minimal 13 seri dari 20 seri balap yang dijadwalkan di MotoGP 2020.

Ezpeleta mengatakan akan berusaha menggelar 19 balapan tersisa, termasuk MotoGP Amerika Serikat. Bahkan Dorna Sports siap menggelar balapan hingga akhir Desember 2020. (har/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK