Liga Champions: Pelatih Atalanta Cemas Wabah Corona di Italia

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 10:28 WIB
Pelatih klub Liga Italia Atalanta, Gian Piero Gasperini, cemas dengan wabah virus corona di Italia jelang laga Liga Champions. Para pemain Atalanta saat selebrasi usai mengalahkan Valencia 4-1 pada laga Liga Champions. (AP Photo/Luca Bruno)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih klub Liga Italia Atalanta, Gian Piero Gasperini, cemas dengan kondisi darurat virus corona di Italia jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Atalanta akan menghadapi Valencia di Stadion Mestalla, Selasa (10/1) malam waktu setempat. Para pemain La Dea sudah berada di Valencia untuk melakukan persiapan.

Pada konferensi Senin (9/3), Gasperini mengungkapkan kesedihan dan kekhawatiran terkait darurat virus corona di negaranya. Situasi darurat itu membuat pemerintah menghentikan semua aktivitas yang mengundang keramaian, termasuk seluruh pertandingan di Italia.


Liga Italia Serie A pun terpaksa dihentikan untuk sementara waktu hingga akhir April. Situasi ini membuat Gasperini prihatin.

Atalanta saat mengalahkan Valencia 4-1. (Atalanta saat mengalahkan Valencia 4-1. (AP Photo/Antonio Calanni)
"Kami amat sedih dan cemas atas apa yang terjadi di Italia, khususnya di kawasan Bergamo. Di dalam ruang ganti, situasinya aneh sejak situasi ini terjadi. Situasinya amat berbahaya dan rumit," ujar Gasperini dikutip dari situs resmi Atalanta.

Gasperini mengatakan saat ini dia terus meyakinkan para pemainnya untuk melupakan sejenak kondisi memprihatinkan di Italia akibat corona. Mereka diminta fokus pada pertandingan.

"Kami harus berusaha keras untuk mengesampingkan masalah ini dari konteks [terkait virus corona]. Kami sadar ini akan jadi hasil terbaik dalam sejarah Atalanta. Hasil positif akan menghibur kesedihan kami. Kami berharap bisa memuaskan para pendukung," tutur Gasperini.

Liga Champions: Pelatih Atalanta Cemas Wabah Corona di Italia
Laga antara Valencia vs Atalanta sendiri bakal digelar tanpa penonton demi menekan penyebaran virus corona di Spanyol. Gasperini pun menilai kondisi ini jelas tidak ideal bagi kedua tim.

"Kami tidak terbiasa dengan kondisi itu [bermain tanpa penonton], begitu pula lawan-lawan kami yang membutuhkan pemantik semangat."

"Kami harus berpikir tentang pertandingan, fokus pada permainan dan yang telah kami siapkan di latihan," kata Gasperini.

Atalanta sendiri berada di atas angin saat bertandang ke markas Valencia. Pada leg pertama, La Dea menang 4-1 di Stadion Giuseppe Meazza. (bac/jun)