Stamina 20 Menit Timnas, Jacksen Anggap Beda Level

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 11:57 WIB
Stamina 20 Menit Timnas, Jacksen Anggap Beda Level Shin Tae Yong mengeluhkan kondisi fisik Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, menganggap Shin Tae Yong memiliki level penilaian yang berbeda terkait stamina para pemain Timnas Indonesia yang disebut hanya mampu kuat bermain 20 menit.

Jacksen mengaku tidak ada masalah dengan kebugaran pemain Persipura yang masuk pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae Yong. Pelatih asal Brasil itu juga bisa memahami pernyataan Shin Tae Yong.

"Untuk kompetisi lokal kebugaran fisik pemain lumayan, tidak terlalu bagus tapi juga tidak terlalu buruk. Patokan beliau [Shin Tae Yong] itu di level internasional dan pasti berbeda dengan level sepak bola di Indonesia," kata Jacksen kepada CNNIndonesia.com.


Shin Tae Yong mengungkapkan permasalahan fisik pemain saat melaporkan perkembangan Timnas Indonesia di hadapan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pertemuan pekan lalu.

Shin Tae Yong menganggap para pemain Timnas Indonesia hanya kuat bermain 20 menit.Shin Tae Yong menganggap para pemain Timnas Indonesia hanya kuat bermain 20 menit. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Pelatih asal Korea Selatan itu mengeluhkan kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan. Shin Tae Yong pun selalu berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik para pemain yang dipanggil.

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan juga menganggap tidak ada masalah dengan kebugaran pemain lokal. Pelatih yang akrab disapa RD itu menyebut ada beberapa hal yang membuat Shin Tae Yong mengkritik stamina para pemain Timnas Indonesia.

Stamina 20 Menit Timnas, Jacksen Anggap Beda Level
"Tidak ada masalah dengan kebugaran pemain. Kalau ikut Timnas kemarin memang program klub masih membangun kondisi fisik. Jadi saat dibuat simulasi dengan pertandingan tentu terlihat kelelahan. Tapi juga tergantung intensitas pertandingan seperti apa," ujar RD.

Sementara itu asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengatakan dari tes terakhir yang dilakukan tim pelatih kepada pemain, hasilnya masih jauh dari yang diharapkan Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]
Nova memastikan tim pelatih sudah memiliki rencana dan strategi untuk menyiasati masalah kebugaran pemain. Namun, hal itu masih akan didiskusikan ulang seiring penundaan jadwal pemusatan latihan akibat wabah virus corona.

"Kami masih mendiskusikan rencana apa selanjutnya karena ada penundaan ini. Untuk fokus saat ini sementara kami melakukan pemantauan pemain di setiap pertandingan di Liga 1 2020," ucap Nova.

PSSI telah menyatakan penundaan pemusatan latihan kedua Timnas Indonesia yang seharusnya digelar mulai 16 Maret 2020. PSSI belum memberi informasi lanjutan terkait jadwal terbaru pemusatan latihan Timnas Indonesia. (TTF/jun)