MotoGP 2020 Bisa Digelar Januari 2021 jika Terpaksa

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 15:26 WIB
MotoGP 2020 Bisa Digelar Januari 2021 jika Terpaksa Jadwal MotoGP 2020 berpeluang kembali berubah. (AP Photo/Andy Brownbill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas mengaku sudah memiliki sejumlah rencana untuk menjalani MotoGP 2020 yang terus terganggu karena wabah virus corona.

Kapan MotoGP 2020 dimulai masih menjadi tanda tanya. Setelah MotoGP Qatar dibatalkan dan MotoGP Thailand diundur ke Oktober 2020, MotoGP Amerika Serikat yang dijadwalkan 3-5 April juga berpeluang diundur.

Viegas dalam wawancara dengan Catalunya Radio mengatakan FIM dan Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, sudah memiliki sejumlah rencana untuk mengatasi masalah jadwal yang terganggu karena virus corona.


Salah satu opsi yang dimiliki FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan MotoGP tanpa penonton. FIM juga siap menggelar balapan MotoGP 2020 pada Januari 2021 dan menggelar dua balapan dalam satu pekan.

MotoGP Amerika Serikat 2020 terancam diundur.MotoGP Amerika Serikat 2020 terancam diundur. (AFP PHOTO / Jure Makovec)
"Saat ini saya punya kepercayaan diri MotoGP 2020 akan digelar lebih dari 13 balapan. Jika kami harus menjalaninya pada Januari 2021, kami akan melakukannya," ujar Viegas dikutip dari Autosport.

"Kami bisa menggelar dua balapan dalam akhir pekan yang sama [di sirkuit yang sama] atau menggelar balapan tanpa penonton. Itu akan dilakukan jika tidak ada solusi lain. Situasi seperti ini tidak ada tabu. Kami harus fleksibel dan penuh imajinasi," sambung Viegas.

MotoGP 2020 Bisa Digelar Januari 2021 Jika Terpaksa
Terkait MotoGP Amerika Serikat yang semula dijadwalkan menjadi pembuka MotoGP 2020 dipastikan Viegas hampir pasti tidak akan digelar pada 3-5 April karena wabah virus corona.

"Peluang MotoGP Amerika Serikat digelar 5 April sangat kecil. Kami sedang bekerja mencari tanggal alternatif untuk balapan di Austin. Tapi saat ini semua berkembang dengan cepat dan kami belum bisa berkomentar lebih banyak," ucap Viegas.

[Gambas:Video CNN]
Opsi terakhir yang dimiliki FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan di sirkuit yang tidak ada dalam kalender MotoGP 2020 dan di tempat tidak terkena imbas virus corona. Salah satu tempat yang mungkin digunakan adalah Portiamo dan Estoril di Portugal.

"Portimao adalah sirkuit cadangan, sama seperti Estoril. Di Portugal belum ada larangan travel," ucap Viegas. (har/jun)