Respons PSSI-Kemenpora soal Wacana Liga 1 2020 Tanpa Penonton

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 23:49 WIB
PSSI dan Kemenpora angkat bicara soal wacana menggelar Liga 1 2020 tanpa penonton untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Ilustrasi Liga 1 2020. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI dan Kemenpora angkat bicara soal wacana menggelar Liga 1 2020 tanpa penonton untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, mengatakan belum mengeluarkan imbauan tanpa penonton. Ia berharap Liga 1 2020 tetap berjalan seperti biasa dan dihadiri penonton.

"Untuk Liga 1 keinginan kami tetap ada penonton. Kemarin pun yang di DKI harusnya sudah bergulir [Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya]. Sebetulnya dengan penonton yang ada, Persebaya pun kami upayakan untuk hadir. Kami coba terus, harus dicoba kalau tidak kapan lagi," ujar Iwan Bule, Selasa (10/3).


Dampak penyebaran virus corona ikut mengganggu bergulirnya Liga 1 2020 yang dimulai pada 29 Februari lalu. Salah satunya pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya yang semula dijadwalkan, Sabtu (7/3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),  terpaksa ditunda.

Respons PSSI-Kemenpora soal Wacana Liga 1 2020 Tanpa PenontonPersija Jakarta batal bertanding dengan Persebaya Surabaya karena virus corona. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Penundaan itu harus dilakukan karena adanya penyetopan izin keramaian sementara yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai pencegahan penyebaran virus corona. Meski begitu, pertandingan lain yang digelar di luar Jakarta tidak memiliki dampak secara langsung.

"Yang jelas liga harus jalan, harus jalan, karena menunda sekali maka kompetisi ke belakang akan semakin panjang. Selama pemerintah belum ada imbauan, kami akan tetap jalan karena pemerintah yang lebih tahu masalah ini."

[Gambas:Video CNN]

"Jangan sampai semua daerah mengeluarkan imbauan seperti DKI Jakarta, nanti akan repot jadwal Liga 1. Mudah-mudahan [wabah virus corona] segera teratasi ya karena liga sudah berjalan tepat waktu, sudah sistematis, koordinasi keamanan sudah klop dan kita juga mau selesai 31 Oktober sehingga November ada Piala AFF kita bisa main serta mempersiapkan timnas," jelas Iwan Bule.

Sejauh ini PSSI juga belum melakukan koordinasi dengan Gubernur Anies terkait izin pertandingan Liga 1 2020 di Jakarta.

Respons PSSI-Kemenpora soal Wacana Liga 1 2020 Tanpa Penonton
"Kami belum melakukan itu. Tapi yang pasti kami mencari yang terbaik untuk memutar liga ini. Karena sekali lagi, sudah ada waktu untuk TC Timnas yang sumbernya dari liga. Kalau liga terganggu, maka terganggu juga persiapan timnas," tegasnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan efek antisipasi penyebaran virus corona terhadap penyelenggaraan kegiatan olahraga di Indonesia berpatokan pada imbauan dan arahan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Sampai saat ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan maupun Kemenpora belum memberikan imbauan atau rekomendasi apapun kepada PSSI terkait wacana Liga 1 2020 tanpa penonton.

"Apa yang disampaikan Kementerian Kesehatan kami sampaikan ke cabor-cabor. Keputusannya ada di cabor masing-masing. Tentu cabor yang paling tahu kondisi di lapangan. Jadi tidak bisa kami mengatakan melarang atau kita bolehkan. Liga itu antusiasme masyarakat luar biasa, nah kebijakan dari federasi yang akan bisa mengatur," ujar Menpora. (TTF/jun)