MotoGP Amerika Serikat Diundur ke November 2020

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 22:51 WIB
MotoGP Amerika Serikat Diundur ke November 2020 MotoGP Amerika Serikat 2020 ditunda ke bulan November. (Getty Images/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP Amerika Serikat diundur ke November sebagai imbas dari wabah virus corona yang membuat balapan seri pembuka MotoGP Qatar dibatalkan.

MotoGP AS semula akan berlangsung di Sirkuit Austin, Texas, 3-5 April sekaligus jadi pembuka balapan musim ini setelah GP Qatar dibatalkan dan GP Thailand diundur ke Oktober. Namun, wabah virus corona membuat FIM, IRTA, dan promotor Dorna Sports mengumumkan penundaan MotoGP AS.

"Karena wabah virus corona, gelaran ini dijadwal ulang dan akan berlangsung dari 13 sampai 15 November," bunyi pernyataan di situs resmi MotoGP.


Gelagat MotoGP AS bakal diundur sudah terlihat sejak Senin (9/3) lalu. Pemerintah Daerah Austin sudah menyatakan status darurat di kota tersebut sebagai usaha pencegahan wabah virus corona.

Kegiatan yang melibatkan 2.500 orang atau lebih dilarang kecuali sang penyelenggara bisa meyakinkan Departemen Kesehatan Austin bahwa rencana mitigasi penyakit menular sudah ada.

MotoGP GP Amerika Serikat Diundur ke November 2020
Kegiatan besar di Austin yang sudah menjadi korban karena virus corona adalah festival South by Southwest (SXSW) yang semula dijadwalkan berlangsung 13-22 Maret 2020.

SXSW mampu mendatangkan lebih dari 70.000 penonton tahun lalu. Sementara MotoGP Amerika Serikat di Austin berhasil mendatangkan 120 ribu penonton dalam tiga hari.

Perubahan ini membuat MotoGP Argentina akan jadi seri pembuka balapan musim ini pada 19 April mendatang. Balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo belum terganggu masalah penyebaran virus corona hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)