Staf McLaren Positif Corona, GP F1 Australia Dibatalkan

CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2020 07:12 WIB
Seri pembuka musim Formula 1 di Australia dibatalkan lantaran wabah virus corona yang juga menjangkiti salah satu staf tim F1. Tulisan 'STOP F1' terlihat di langit Sydney jelang penyelenggaraan F1 Australia. (AFP/DAVID GRAY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seri pembuka musim Formula 1 2020 di Australia dibatalkan lantaran wabah virus corona yang juga menjangkiti salah satu staf tim F1.

Menyusul konfirmasi seorang anggota tim McLaren yang dinyatakan positif COVID-19 dan keputusan tim tersebut undur diri dari GP Australia, Formula 1 dan FIA mengadakan pertemuan dengan tim-tim lain pada Kamis malam. Diskusi diakhiri dengan pandangan mayoritas balapan tak dapat dilanjutkan.

"Formula 1 dan FIA dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation [AGPC] telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk GP Australia dibatalkan," demikian pernyataan dikutip dari situs resmi F1.


"Semua pihak mempertimbangkan upaya besar dari AGPC, Motorsport Australia, staf dan sukarelawan untuk menggelar putaran pembukaan F1 di Melbourne, namun menyimpulkan bahwa keselamatan semua anggota keluarga Formula 1 dan komunitas yang lebih luas, serta keadilan kompetisi menjadi prioritas."

Staf McLaren Positif Corona, GP F1 Australia DibatalkanPersiapan F1 Australia sebelum dinyatakan batal. (AP/Michael Dodge)
Sebelumnya McLaren memang memutuskan mundur dari balapan GP Australia karena salah satu anggota tim dinyatakan positif Corona.

Sementara empat anggota tim Haas yang sempat diduga terpapar virus Corona dinyatakan negatif.

Staf McLaren Positif Corona, GP F1 Australia Dibatalkan

Rangkaian balap GP Australia rencananya bakal dimulai hari ini dengan agenda latihan bebas. Sementara balapan akan berlangsung Minggu (15/3).

GP Australia merupakan balapan F1 kedua yang dibatalkan setelah GP China. Belum diketahui apakah GP Bahrain yang akan berlangsung sebagai seri kedua 22 Maret mendatang tetap berlangsung atau dibatalkan. (nva/jun)