Kemenpora Persilakan Liga 1 2020 Tetap Berjalan

CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2020 18:42 WIB
Liga 1 2020 dipersilakan berjalan sesuai jadwal setelah Kemenpora menyerahkan semua keputusan kepada masing-masing cabang olahraga. Menpora Zainudin Amali. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenpora mempersilakan semua kompetisi olahraga di Indonesia, termasuk Liga 1 2020, berjalan secara jadwal. Kemenpora menyerahkan semua keputusan ke masing-masing induk organisasi olahraga.

Kemenpora mengambil keputusan itu setelah Menpora Zainudin Amali melakukan pertemuan dengan perwakilan pengurus cabang olahraga berkaitan dengan kelanjutan kompetisi olahraga di Indonesia pasca-virus corona yang dinyatakan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora mengimbau kegiatan olahraga yang melibatkan banyak orang memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan secara sungguh-sungguh. Kegiatan olahraga yang dilangsungkan dan melibatkan banyak orang harus diperhatikan," ujar Zainudin.


[Gambas:Video CNN]

"Kebijakan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik itu yg ada di dalam negeri maupun di luar negeri, diserahkan ke induk organisasi masing-masing dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona di Tanah Air. Perbasi, PBVSI dan PSSI sedang melakukan kegiatan profesional dan kami menyerahkan ke induk masing-masing," ucap Menpora.

Kemenpora Persilakan Liga 1 2020 Tetap Berjalan
Perwakilan pengurus cabor yang diundang adalah mereka yang saat ini tengah menggelar kompetisi profesional, seperti Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri, Ketua Umum PBVSI Imam Sujarwo, Wakil Ketua Umum Perbasi, George F Dendeng, PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1, perwakilan dari Proliga, penyelenggara Liga Voli serta perwakilan dari IBL operator liga basket Indonesia.

Kemenpora Persilakan Liga 1 2020 Tetap Berjalan
"Kemenkes dan Kemenpora bersama stakeholder olahraga akan segera merumuskan protokol penanganan virus corona di lingkungan kegiatan keolahragaan," ucap Zainudin.

"Sekali lagi kami tidak cuek, kami serius, tapi di tengah keseriusan kita tetap tidak boleh panik dan mengimbau masyarakat menjaga kebersihan kesehatan dan kebugaran dengan tetap berolahraga," sambungnya. (TTF/har)