Bundesliga Ditunda Hingga 2 April Gara-gara Corona

CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2020 00:00 WIB
Kepala Eksekutif DFL Christian Seifert mengatakan pada 2 April semua bertemu kembali untuk membicarakan opsi selanjutnya, tapi belum tentu kompetisi dilanjutkan Bundesliga dan Bundesliga 2 musim kompetisi 2019/2020 akan ditunda hingga 2 April 2020 akibat pandemik Covid-19. (AP/Robert Michael)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 36 klub sepak bola Jerman di dua divisi teratas--Bundesliga dan Bundesliga 2--telah menyetujui penundaan kompetisi hingga 2 April akibat pandemik virus corona (Covid-19).

Itu disepakati dalam pertemuan umum yang berlangsung di Frankfurt. Kepala Eksekutif Liga Sepak Bola Jerman (DFL) Christian Seifert mengatakan pada 2 April nanti seluruh pemangku kepentingan akan berkumpul lagi untuk memutuskan langkah selanjutnya.

"Itu bukan berarti kami akan melanjutkan kembali kompetisi setelah tanggal tersebut," kata Seifert seperti dikutip dari AFP, Senin (16/3).


Dia menegaskan musuh terbesar saat ini adalah virus corona. Namun, sambunnya, musuh terbesar kedua adalah soal ketidakpastian kondisi negara.

"Mulai sekarang, tidak ada siapapun yang bisa mengatakan dengan penuh keyakinan kapan [kompetisi] sepakbola akan dimulai kembali. Juga, Ini terlalu dini untuk bisa mengatakan musim ini tak akan sampai berakhir," kata Seifert.

Di satu sisi, ia mengungkap bahwa DFL memikirkan solusi pertandingan yang tertutup jika situasi kesehatan tak menjadi lebih baik.

Itu dilakukan untuk memfasilitasi hak siar televisi agar tak banyak orang yang kehilangan pekerjaannya.

"Kita saat ini sedang berkelahi dengan ribuan pekerja di sini, jadi kita bisa membayar gaji para pemain," kata Seifert.

[Gambas:Video CNN]
Bundesliga atau divisi teratas sepak bola Jerman saat ini telah memasuki pekan ke-25, di mana Bayern Munich berada di puncak dengan 55 poin.

Di bawah tim itu adalah Borussia Dortmund (51 poin), RB Leipzig (50 poin), Borussia Moenchengladbach (49 poin). Lalu di peringkat ke lima adalah Bayer Leverkusen (47 poin).

Sementara itu di zona degradasi adalah Duesseldorf (22 poin), Werder Bremen (18 poin) dan SC Paderborn 07 (16 poin).

(AFP/kid)