Bangun Jalan Penopang MotoGP Mandalika, PUPR Kucurkan Rp814 M

CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 02:34 WIB
Bangun Jalan Penopang MotoGP Mandalika, PUPR Kucurkan Rp814 M Foto areal ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengalokasikan dana sebesar Rp814 miliar untuk membangun akses jalan ke sirkuit MotoGP di Mandalika sepanjang 17,4 kilometer.

Pembangunan jalan ke Mandalika itu merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang diharapkan selesai pada akhir 2020 mendatang.

Dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, alokasi dana Rp814 miliar itu termasuk ke dalam anggaran insfrastruktur PUPR tahun 2020 di KSPN Mandalika sebesar Rp903,4 miliar. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan pengendali banjir, jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), hingga pembangunan home stay.


"Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jalan Bypass BIL ini akan dibangun dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan. Jalan Bypass akan mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang juga akan dibangun di kawasan Mandalika.

Sebagai alternatif akomodasi untuk event MotoGP, Kementerian PUPR juga akan membangun sekitar 750 unit home stay yang berada di Kabupaten Lombok Tengah. Program rumah swadaya atau dikenal bedah rumah di NTB juga dianggarkan pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 47,4 miliar untuk 2.300 unit.

[Gambas:Video CNN]
Indonesia menggelar MotoGP pada 2021 mendatang setelah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDc) menandatangani kontrak persetujuan promotor dengan Dorna Sport selama lima tahun.

Sirkuit yang digunakan pada MotoGP Indonesia di Mandalika nanti merupakan sirkuit jalanan dengan panjang 4,32 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Rencananya Sirkuit Mandalika nanti berpeluang dicoba para pebalap MotoGP pada awal 2021. MotoGP Indonesia sendiri kabarnya digelar Oktober 2021.

(TTF/jun)