Klub Brasil Pinjamkan Stadion Jadi Rumah Sakit Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 23:46 WIB
Klub Brasil Pinjamkan Stadion Jadi Rumah Sakit Corona Stadion Maracana bakal diubah jadi rumah sakit darurat corona. (AFP/MAURO PIMENTEL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Klub-klub papan atas Brasil menyerahkan penggunaan stadion kepada otoritas kesehatan untuk memerangi pandemi corona. Stadion-stadion ini diubah jadi klinik atau rumah sakit darurat.

Dilaporkan Aljazeera, lebih dari setengah klub Serie A Brasil telah menyerahkan penggunaan stadion kepada otoritas kesehatan setempat. Termasuk di daerah padat penduduk seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro untuk memperluas kapasitas rumah sakit dalam memerangi Covid-19.


Juara Copa Libertadores Flamengo yang berbasis di Rio de Janeiro juga sudah menyerahkan penggunaan Stadion Maracana. Dengan begitu, stadion dengan kapasitas terbesar di Amerika Selatan dapat digunakan untuk menangani kasus virus corona.


"Pada momen yang suram ini, saya ingin mengundang bangsa Merah dan Hitam [Flamengo] kita yang besar untuk memperbarui harapan dan bekerja untuk hari-hari yang lebih baik. Mari kita jaga orang tua kita, bantu mereka yang paling membutuhkan," ujar Presiden klub, Rodolfo Landim.

Klub Brasil Pinjamkan Stadion Jadi Rumah Sakit Corona
Pihak berwenang di Sao Paulo, kota terbesar di Brasil, juga berencana menempatkan 200 tempat tidur rumah sakit di Stadion Pacaembu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan pada banyak rumah sakit di kota tersebut karena diprediksi kedatangan banyak pasien positif virus corona.

Selain Flamengo dan Sao Paulo, Corinthians dan Santos juga melakukan hal serupa. Corinthians sudah memastikan kesediaan mereka untuk menjadikan Stadion Itaquerao sebagai rumah sakit darurat, sedangkan Santos mengumumkan akan ada klinik sementara yang didirikan di salah satu ruang tunggu Stadion Vila Belmiro.

Klub Brasil Pinjamkan Stadion Jadi Rumah Sakit Corona
Menteri Kesehatan Brasil, Luiz Henrique Mandetta memperkirakan puncak kasus virus corona akan terjadi dari bulan April hingga Juni.


Mengacu data Johns Hopkins, sebanyak 1.546 kasus infeksi Covid-19 terjadi di Brasil, dengan 25 orang meninggal dunia. Imbas pandemi virus corona ini pun membuat kompetisi sepak bola dihentikan untuk sementara.

[Gambas:Video CNN]

(jal/ptr)