ANALISIS

Hanya Mbappe yang Pantas Lengserkan Benzema

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 07:07 WIB
Hanya Mbappe yang Pantas Lengserkan Benzema Kylian Mbappe jadi kandidat ideal untuk menggantikan Karim Benzema di Real Madrid. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid harus segera mendapatkan pengganti Karim Benzema yang mulai termakan usia. Dan tampaknya cuma Kylian Mbappe yang ideal menggantikan sang bomber.

Sejak kepergian Cristiano Ronaldo, Benzema jadi satu-satunya penyerang yang selalu bisa diandalkan mencetak gol. Sementara pemain lainnya tak mampu menjaga konsistensi.


Saat ini Benzema jadi pencetak gol terbanyak Madrid dengan catatan 19 gol di semua kompetisi. Ia juga bisa berperan sebagai nomor 10, dengan torehan 9 assist sebagai bukti.


Artinya, peran Benzema sangat vital bagi lini depan Madrid musim ini. Apalagi, Gareth Bale memilih hidup sebagai benalu. Pemain bintang bergaji tinggi tapi tak punya kontribusi signifikan.

Namun, situasi Bale bisa dimengerti. Ia tampil ogah-ogahan karena sikap abu-abu petinggi Madrid. Keinginan Bale untuk hengkang ditahan tapi minim durasi bermain di tangan Zinedine Zidane.

Karim Benzema jadi satu-satunya penyerang Real Madrid yang tampil konsisten.Karim Benzema jadi satu-satunya penyerang Real Madrid yang tampil konsisten. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Cekcok antara Bale dan suporter menambah catatan buruk di Madrid. Tak dapat ditawar lagi, penyerang internasional Wales ini kemungkinan besar akan dilego di akhir musim.

Zidane sebenarnya punya Luka Jovic dan Mariano Diaz sebagai opsi pengganti Benzema. Namun, keduanya dianggap belum pantas masuk tim utama dan lebih banyak jadi pemanis bangku cadangan.

Sedangkan pemain termahal mereka, Eden Hazard, masih belum bisa diandalkan secara maksimal karena dirundung cedera.

Beruntung Los Blancos memiliki dua talenta muda yang punya kecepatan seperti Vinicius Junior dan Rodrygo untuk menambal peran Hazard yang lebih banyak cedera atau Bale yang tersisih musim ini.

Cuma Mbappe yang Pantas Gantikan Benzema

Situasi ini membuat peran Benzema di lini depan amat krusial. Jumlah gol Madrid bakal tersendat jika mantan striker Lyon ini absen.

Madrid tidak boleh hanya bergantung pada Benzema seorang. Sebab, pemain berdarah Aljazair itu sudah menginjak usia 32 tahun dan berpeluang didera cedera serta penurunan performa.

Zidane sebenarnya sudah punya skenario pengganti Benzema, yakni mendatangkan bintang muda Paris Saint Germain Kylian Mbappe.

Wacana mendatangkan Mbappe memang sudah mengalir deras sejak tahun lalu. Namun, klub ibu kota Spanyol itu mundur teratur usai mendapatkan Hazard.

Kylian Mbappe calon pemain terbaik dunia setelah era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.Kylian Mbappe calon pemain terbaik dunia setelah era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (AP Photo/Daniel Cole)
Zidane diam-diam terus berupaya meyakinkan Mbappe untuk pindah ke Bernabeu. Gayung bersambut, Mbappe yang sejak kecil mengidolakan Zidane juga tertarik.

Meski demikian, keinginan sang pelatih teradang tembok besar. Pasalnya kini Mbappe saat ini tercatat sebagai pemain degan nilai jual termahal di dunia.

Marca melansir, penyerang 21 tahun itu memiliki banderol 200 juta euro atau setara Rp3,3 triliun. Angka ini bisa bertambah besar dan tergantung kerelaan PSG.

[Gambas:Video CNN]
Uang sebesar itu mungkin tak bakal jadi masalah bagi Madrid yang terkenal royal menggelontorkan dana besar di bursa transfer. Terpenting adalah mendapatkan pengganti Benzema yang sepadan.

Pengeluaran besar bisa berbalik keuntungan jika Mbappe mampu membuat lini depan Madrid kembali bergairah. Prestasi juga bisa hadir jika lini depan El Real kembali moncer.

Madrid juga dikabarkan memasukkan Erling Haaland dalam daftar incaran. Namun, pemain asal Norwegia ini belum sematang Mbappe yang sudah memberikan bukti bagi PSG dan timnas Prancis.

Erling Haaland juga masuk daftar pemain incaran Real Madrid.Erling Haaland juga masuk daftar pemain incaran Real Madrid. (AP Photo/Martin Meissner)
Bisa dibilang: pengganti ideal Benzema saat ini hanyalah Mbappe. Madrid harus merealisasikan transfer mantan pemain AS Monaco itu jika tak mau ketinggalan dengan tim rival mereka, Barcelona, yang juga berencana mengembalikan Neymar musim depan.

Jika resmi mendapatkan Mbappe, Madrid tak perlu buru-buru menjual Benzema. Sebab, eks timnas Prancis itu bisa menjadi berperan sebagai nomor 10 bagi tim.

Kehadiran Benzema juga dapat membantu Mbappe lebih cepat beradaptasi di Madrid. Tapi jika Benzema tak bersedia, maka Lyon bisa jadi pilihan realistis. (jun)