Klopp Menangis Staf Medis Nyanyi Himne Liverpool Lawan Corona

CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2020 17:22 WIB
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, sangat terharu mendengar nanyian himne The Reds oleh para pekerja medis melawan corona. Jurgen Klopp menangis menyaksikan para petugas kesehatan menyanyikan himne Liverpool dalam memerangi penyebaran virus corona. (AFP/PAUL ELLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tak bisa menahan tangis menyaksikan para staf kesehatan nasional menyanyikan himne The Reds untuk melawan penyebaran virus corona.

Lagu 'You'll Never Walk Alone' dinyanyikan sejumlah tenaga medis nasional Inggris di sejumlah rumah sakit darurat virus corona. Klopp ikut menyaksikan peristiwa itu melalui video.

"Ini sungguh luar biasa. Saya dikirim video orang-orang di rumah sakit keluar dari ruang perawatan intensif. Ketika mereka menyanyikan 'You'll Never Walk Alone' saya langsung menangis. Benar-benar menakjubkan."


"Itu membuktikan segala hal. Orang-orang ini tidak hanya bekerja, tapi mereka punya semangat luar biasa. Mereka biasa membantu orang-orang. Sekarang kita harus terbiasa dengan ini karena biasanya kita mendapat masalah sendiri-sendiri dan semacamnya," tutur Klopp dikutip dari The National.

Klopp menilai para petugas medis ini adalah para pahlawan karena mereka yang berada di garis terdepan memerangi virus corona.

Klopp Menangis Staf Medis Nyanyi Himne Liverpool Lawan CoronaJurgen Klopp terharu mendengar para pekerja kesehatan menyanyikan 'Youl'll Never Walk Alone' di tengah perjuangan melawan corona. (AP Photo/Jon Super)
"Ini pekerjaan sehari-hari mereka, siang dan malam. Mereka bahkan menempatkan diri di situasi berbahaya menolong orang-orang yang sakit dan lumpuh. Saya tak bisa bersikap selain mengagumi mereka dan mengapresiasi lebih lagi," kata Klopp.

Klopp sendiri menolak membahas peluang Liverpool gagal juara jika Liga Inggris benar-benar dihentikan karena virus corona. Terpenting baginya saat ini adalah fokus terhadap upaya serius melawan penyebaran Covid-19.

"Banyak sekali orang-orang di luar sana yang memiliki masalah jauh lebih besar. Sangat memalukan bagi saya jika masih saja bicara problem sendiri. Mungkin empat atau lima pekan lalu banyak negara berpikir: 'Ini masalah kami, ini masalah kami, ini masalah kami. Kami punya masalah dengan mereka dan lain sebagainya."

Klopp Menangis Staf Medis Nyanyi Himne Liverpool Lawan Corona
"Sekarang alam memperlihatkan kepada kita bahwa kita semua sama. Kami memiliki masalah yang sama saat ini. Kita harus bekerja bersama mencari solusi," terang Klopp. (bac/sry)