Enrique: Saya Tak Mungkin Ajari Messi Menggiring Bola

CNN Indonesia | Minggu, 29/03/2020 05:28 WIB
Luis Enrique mengaku bahwa ia tak mungkin mengajari Lionel Messi untuk menggiring bola dan menembak bola Lionel Messi tak mungkin diajari cara menendang dan menggiring bola oleh Luis Enrique. (AP Photo/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique mengaku bahwa ia tak mungkin mengajari Lionel Messi untuk menggiring bola dan menembak bola karena Messi sudah sangat ahli dalam hal tersebut.

Enrique mengakui bahwa Messi sudah dianugerahi bakat luar biasa sebagai seorang pesepakbola. Karena itu Enrique menyatakan tidak mungkin memberikan pelajaran bagi Messi tentang cara menggiring bola, mengoper, ataupun menembak.


"Saya tak bisa mengatakan padanya untuk menggiring bola, atau mengoper maupun menembak karena dia adalah seorang seniman dalam hal tersebut. Jelas bahwa tim pelatih tidak perlu memberikan saran pada Messi tentang hal itu," ucap Enrique seperti dikutip dari Standard.


Meski tak memberikan nasihat tentang kemampuan individu Messi, Enrique tetap memberikan saran pada Messi terkait sistem permainan secara keseluruhan.
Enrique: Saya Tak Mungkin Ajari Messi Menggiring BolaLionel Messi merupakan seniman dalam banyak hal di dunia sepak bola. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
"Namun terkait dengan sistem permainan yang kami gunakan, terkait situasi di lapangan yang lebih menguntungkan kami, tentu saja kami memberikan nasihat pada dirinya."

"Cara untuk menekan pertahanan, cara mengalirkan bola, cara menemukan celah di lapangan, kami coba untuk memberikan saran pada dirinya," ujar Enrique.

Enrique tanpa ragu menyatakan bahwa Messi adalah pemain yang paling membuat dirinya tercengang. Namun Enrique juga tak lupa memuji sosok Andres Iniesta.
Enrique: Saya Tak Mungkin Ajari Messi Menggiring Bola


"Pemain yang paling mengejutkan saya adalah Leo Messi. Andres Iniesta hanya berjarak sedikit dengan Messi, sedangkan Leo Messi jauh unggul dibandingkan lainnya dengan jarak yang besar," kata Enrique. (ptr/ptr)