6 Rekor Liga Inggris yang Sulit Dipecahkan

CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 04:37 WIB
6 Rekor Liga Inggris yang Sulit Dipecahkan Ole Gunnar Solskjaer dan kawan-kawan pernah juara dengan poin paling sedikit. (Stephen Dunn/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia olahraga identik dengan pemecahan rekor namun enam rekor di Liga Inggris ini bakal sulit dipecahkan.

Liga Inggris dianggap sebagai liga terbaik di dunia saat ini. Dengan banyak klub memiliki kekuatan finansial, tim-tim di Inggris punya kekuatan dan bintang yang lebih merata.


Berikut rekor Liga Inggris era Premier League yang sulit dipecahkan, dikutip dari berbagai sumber:


1. Jabatan Manajer Terlama (Arsene Wenger)

Dengan kompetisi yang makin berat dan ketidaksabaran yang dimiliki oleh manajemen sebuah klub, sulit melihat rekor Arsene Wenger yang berstatus sebagai manajer terlama untuk sebuah klub bisa dipecahkan.

Wenger mencatat waktu selama 21 tahun 224 hari selama mengisi jabatan sebagai manajer Arsenal. Meski kesulitan berprestasi di tahun-tahun akhir kariernya di Arsenal, butuh waktu lama bagi The Gunners untuk benar-benar mengeluarkan keputusan memberhentikan Wenger.
6 Rekor Liga Inggris yang Sulit DipecahkanRekor Arsene Wenger selama 21 tahun bersama Arsenal bakal sulit dipecahkan. (AFP PHOTO/ADRIAN DENNIS)

2. Hattrick Tercepat (Sadio Mane)

Sadio Mane mencetak rekor hattrick yang sangat sulit untuk dipecahkan. Saat masih berkostum Southampton, Mane mencetak hattrick dalam kurun waktu 2 menit 56 detik ketika menghadapi Aston Villa.

Catatan tersebut memecahkan rekor atas nama Robbie Fowler yang pernah mencetak hattrick dalam kurun waktu 4 menit 33 detik. Sulit membayangkan ada pemain yang bisa mencetak hattrick lebih cepat dari catatan waktu Mane.

3. Penonton Paling Sedikit (Wimbledon vs Everton)

Liga Inggris merupakan liga dengan animo penonton tertinggi. Hampir seluruh pertandingan di Liga Inggris selalu dipenuhi penonton. Karena itu rekor penonton paling sedikit bakal jadi salah satu rekor yang nyaris mustahil dipecahkan.

Rekor penonton paling sedikit adalah dalam duel Wimbledon lawan Everton di Selhurst Park. Dalam laga itu penonton yang hadir di dalam stadion hanya 3.039 penonton.

4. Rekor Tak Terkalahkan di Liga Inggris (Arsenal)

Arsenal memegang rekor tak terkalahkan di Liga Inggris dengan catatan 49 laga. Rekor itu dibuat saat menjalani invincible season di 2003/2004 plus 11 laga di musim berikutnya.

Liverpool jadi tim paling dekat untuk memecahkan rekor tersebut namun akhirnya terjungkal saat kalah di tangan Watford.
6 Rekor Liga Inggris yang Sulit DipecahkanRekor tak terkalahkan Arsenal sulit untuk dipecahkan. (AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)

5. Poin Paling Sedikit dalam Semusim (Derby County)

Rekor ini berbeda dengan rekor Arsenal yang diburu banyak tim. Tak bakal ada tim yang menginginkan memecahkan rekor Derby County sebagai tim dengan poin paling sedikit.

Di musim 2006/2007, Derby County hanya membukukan 11 poin dan jadi juru kunci di musim tersebut. Tak hanya itu, Derby County jadi tim dengan poin terburuk dalam era Premier League.

[Gambas:Video CNN]

6. Juara dengan Poin Paling Sedikit (Manchester United)

Manchester United pernah jadi juara dengan nilai 75 poin di musim 1996/1997. Catatan poin tersebut jauh di bawah rata-rata 86,9 poin yang dibutuhkan sebuah tim untuk jadi juara.

Melihat musim lalu Liverpool gagal juara dengan 97 poin, sulit melihat ada tim yang bisa juara dengan poin lebih sedikit dibandingkan MU. Misi tersebut bisa diwujudkan bila persaingan sangat kompetitif dan tak ada tim yang dominan dalam sebuah musim. (ptr/ptr)