Mantan Bintang Chelsea Nyaris Gagal Masuk China karena Corona

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 01:10 WIB
Mantan Bintang Chelsea Nyaris Gagal Masuk China karena Corona Oscar dan rekan setimnya di Shanghai SIPG hampir tidak bisa kembali ke China. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan bintang Chelsea, Oscar, nyaris tidak bisa kembali ke China karena peraturan yang dibuat Kementerian Luar Negeri terkait penanganan pandemi virus corona.

Oscar, Hulk, dan Licardo Lopes yang sama-sama berasal dari Brasil diminta kembali ke China pada pekan lalu sebagai persiapan digelarnya Liga Super China musim 2020 pada awal April mendatang. Ketiganya kini bermain di Shanghai SIPG.

Beruntung bagi Oscar dan kedua rekannya itu, karena mereka sampai di Bandara Internasional Shanghai Pudong pada Kamis (26/3) pukul 23.49 waktu setempat.


Sementara pada pukul 00.00 Jumat (27/3), pemerintah China menutup pintu masuk bagi warga negara asing, dikutip dari Marca. Seandainya saja Oscar, Hulk, dan Lopes terlambat 11 menit, maka ketiganya tidak akan bisa memperkuat SIPG di kompetisi nanti. Karena penutupan tersebut berlaku sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Mantan Bintang Chelsea Nyaris Gagal Masuk China karena Corona
Dikutip dari China.org, trio SIPG seharga 120 juta euro itu tiba dengan pesawat pribadi Bombardier yang mewah. Kini ketiganya akan menjalani 14 hari karantina sebelum memperkuat SIPG.

Menurut pemberitaan China.org, harga warga negara asing dengan visa diplomatik, pelayanan, atau visa tipe C yang bisa masuk ke China tanpa terpengaruh dengan masa penangguhan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, nasib berbeda dialami mantan gelandang Barcelona, Paulinho, dan penyerang Austria Marko Arnautovic. Keduanya terlambat dari batas waktu yang diberlakukan mendadak oleh otoritas China.

Mantan Bintang Chelsea Nyaris Gagal Masuk China karena Corona
Kementerian Luar Negeri membekukan pintu masuk bagi warga asing pada Kamis malam. Klub-klub sepak bola profesional maupun klub olahraga profesional di China juga lengah dengan antisipasi tersebut. Hasilnya, banyak pemain serta pelatih sing terjebak di luar negeri tanpa batas waktu.

Laporan Lanxion Sport menyebutkan, 35 dari 71 pemain asing di Liga Super China sudah kembali ke Negeri Tirai Bambu itu pada Jumat.

Meski demikian, dengan banyaknya pemain asing yang belum masuk ke China berpeluang membuat Liga Super China 2020 kembali ditunda.

Oscar sendiri bermain di Chelsea sejak Juli 2012 hingga Januari 2017 sebelum pindah ke SIPG. Bersama The Blues Oscar meraih empat trofi, termasuk dua gelar Liga Inggris. (sry/bac)