Potong Gaji Messi, Barcelona Hemat Rp90,2 Miliar per Bulan

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 20:44 WIB
Barcelona bisa menghemat sangat signifikan setelah mencapai kesepakatan untuk memotong gaji Lionel Messi dan kawan-kawan. Gaji Lionel Messi dipotong 5 juta euro per bulan di Barcelona. (AP Photo/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona bisa menghemat sangat signifikan setelah mencapai kesepakatan untuk memotong gaji Lionel Messi dan kawan-kawan hingga 70 persen.

Manajemen klub dan skuat Barcelona setuju untuk melakukan pemotongan gaji hingga 70 persen di tengah kondisi kompetisi yang tidak menentu karena wabah virus corona.

Dikutip dari Marca, pemotongan gaji tersebut akan membuat Barcelona hemat hingga 32 juta euro atau setara Rp576 miliar per bulan.


Barcelona akan hemat 8,6 juta euro atau setara Rp155 miliar dari pemotongan empat kapten dan wakil kapten: Messi, Gerard Pique, Sergio Busquets serta Sergi Roberto.

Para pemain Barcelona sepakat dengan pemotongan gaji.Para pemain Barcelona sepakat dengan pemotongan gaji. (AP Photo/Joan Monfort)
Dari pemotongan gaji Messi saja Barcelona bisa menghemat hingga 5 juta euro atau setara Rp90,2 miliar per bulan. Dikutip dari L'Equipe, Messi mendapat gaji 8,5 juta euro atau setara Rp153 miliar per bulan dari Barcelona.

Pique dan Busquets akan menghemat 1,5 juta euro per pemain setiap bulan dari pemotongan gaji. Sementara dari Sergi Roberto pihak klub akan mendapatkan 700.000 euro per bulan.

Potong Gaji Messi, Barcelona Hemat Rp90,2 Miliar per Bulan
Luis Suarez dan Antoine Griezmann, meski bukan kapten Barcelona, tetap memberi kontribusi signifikan dari pemotongan gaji. Griezmann akan memberi kontribusi 2,1 juta euro per bulan, sedangkan Suarez akan 'memberi' gaji 1,5 juta euro per bulan dari pemotongan gaji.

Messi sempat mengkritik dewan klub Barcelona yang menuduh para pemain menolak pemotongan gaji.

[Gambas:Video CNN]
Lewat pernyataan resmi melalui Instagram, Messi memastikan para pemain Barcelona setuju dengan pemotongan gaji tanpa harus dipaksa pihak klub.

Selain itu para pemain Barcelona juga akan mengeluarkan dana untuk memastikan para karyawan klub tetap mendapat gaji 100 persen selama kompetisi berhenti karena wabah virus corona. (har)