Khabib Mundur dari UFC 249 dan Batal Lawan Ferguson

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 07:10 WIB
Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, tidak akan tampil di UFC 249. Hal itu membuat ia batal bertarung lawan Tony Ferguson. Khabib Nurmagomedov batal tampil di UFC 249. (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, tidak akan tampil di UFC 249. Hal itu membuat Khabib batal bertarung lawan Tony Ferguson.

Khabib memastikan absen di UFC 249 melalui akun Instagram miliknya pada Rabu (1/4) waktu setempat. Keputusan itu diambil juara kelas ringan UFC
karena tidak bisa keluar dari Rusia akibat pandemi corona.

Rusia memberlakukan larangan perjalanan masuk dan keluar bagi siapapun hingga waktu yang belum ditentukan. Aturan ini membuat Khabib tak bisa bertarung lawan Ferguson pada 18 April mendatang.


Keputusan yang diambil Khabib membuat pertarungannya dengan Ferguson batal untuk kali kelima.

Khabib Batal Lawan Ferguson di UFC 249
"Pemerintah di semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak semua pihak untuk mengikuti aturan keselamatan demi mencegah penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang," tulis Khabib.

"Haruskah saya terbang keliling dunia demi sebuah pertarungan? Saya jelas lebih kesal daripada Anda untuk membatalkan pertarungan ini. Saya punya banyak rencana setelah pertarungan itu, tapi saya tidak bisa mengendalikan semuanya."

[Gambas:Instagram]
Keputusan Khabib untuk mundur dari pertarungan lawan Ferguson membuat Bos UFC, Dana White, harus memutar otak. Ia wajib mencari petarung lain untuk menghadapi Ferguson. Beberapa nama diklaim siap mengambil alih peran Khabib untuk melawan El Cucuy, julukan Ferguson.

Sebut saja Justin Gaethje, Jorge Masvidal, hingga Dustin Poirier. Belakangan bahkan muncul rumor Conor McGregor bisa menggantikan posisi Khabib melawan Ferguson.

Khabib Batal Lawan Ferguson di UFC 249
Peluang McGregor menggantikan itu dimunculkan sang pelatih John Kavanagh. Kavanagh terlibat dalam pemungutan suara yang dibuat seorang jurnalis, Ariel Helwani, di Twitter.

Pada Selasa (31/3) waktu setempat, Helwani membuat pemungutan suara soal 'Apa yang Anda lakukan jika menjadi Tony Ferguson: 1. Melawan Justin Gaethje, 2. Menunggu Khabib Nurmagomedov. Dalam polling yang dibuat Helwani, Kavanagh memberikan balasan di luar pilihan yang diberikan.

"Mungkin ada opsi ketiga," kata Kavanagh.

Balasan dari Kavanagh tersebut disebut sebagai godaan agar Mcgregor masuk ke dalam opsi petarung yang bisa menggantikan Khabib melawan Ferguson.

[Gambas:Video CNN] (jal/jun)