Ferguson: Khabib Kabur dari UFC 249

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 08:56 WIB
Tony Ferguson menganggap Khabib Nurmagomedov sengaja kabur dari pertarungan di UFC 249. Tony Ferguson menilai Khabib punya opsi untuk menyelamatkan UFC 249 namun tidak mengambil hal tersebut. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tony Ferguson menganggap Khabib Nurmagomedov sengaja kabur dari pertarungan di UFC 249 dan berlindung di balik peraturan larangan berpergian.

Ferguson menganggap Khabib memilih kabur karena tidak sanggup menurunkan berat badan ke batas kelas ringan tepat waktu.

"Dia tahu bahwa dia tidak bisa memangkas berat badan dengan sangat bagus. Dia sudah mengatakan bahwa ia kesulitan memangkas berat badan."


"Bagi saya, dia telah melarikan diri. Dia melarikan diri. Dia tahu bahwa dia bisa menyelamatkan pertandingan ini. Dia tidak melakukan dan mengambil kesempatan itu. Padahal semua orang mengambil risiko," ucap Ferguson pada ESPN, dikutip dari MMA Weekly.
Ferguson: Khabib Kabur dari UFC 249Tony Ferguson menganggap Khabib sengaja kabur dari UFC 249. (AFP/Steven Ryan)
Ferguson menganggap keputusan Khabib pulang ke Rusia adalah sebuah keanehan. Ferguson menganggap langkah itu merupakan kesengajaan.

"Semuanya ingin pertarungan ini. Saya memberikan hal yang ia inginkan. Seharusnya ia tetap bertahan di Amerika Serikat sedangkan keluarganya bisa kembali ke Dagestan. Itulah yang harus dia lakukan."

"Dia punya kesempatan namun dia melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan di UFC 209," tutur Ferguson.

Sebelum UFC 249, laga Khabib vs Ferguson sudah mengalami pembatalan sebanyak empat kali. Khabib dan Ferguson sama-sama dua kali jadi penyebab batalnya laga tersebut.

Khusus untuk UFC 209, Khabib dilarikan ke rumah sakit karena jatuh sakit dalam proses penurunan berat badan. Ia tidak hadir dalam acara timbang badan.

Terkait laga UFC 249, Khabib sudah mengumumkan isyarat mundur dari pertarungan lewat unggahan di akun instagram miliknya.

"Pemerintah di semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak semua pihak untuk mengikuti aturan keselamatan demi mencegah penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang."

Ferguson: Khabib Kabur dari UFC 249

"Haruskah saya terbang keliling dunia demi sebuah pertarungan? Saya jelas lebih kesal daripada Anda untuk membatalkan pertarungan ini. Saya punya banyak rencana setelah pertarungan itu, tapi saya tidak bisa mengendalikan semuanya," ucap Khabib. (ptr/jun)