Kronologi Khabib Mundur dari UFC 249

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 09:29 WIB
Khabib sudah melakukan persiapan maksimal untuk melawan Tony Ferguson di UFC 249 sebelum memutuskan mundur dari pertarungan. Khabib Nurmagomedov batal bertarung lawan Tony Ferguson. (Ed Mulholland/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Khabib Nurmagomedov batal menghadapi Tony Ferguson di UFC 249. Khabib menarik diri dari duel tersebut karena tidak bisa keluar dari Rusia akibat pandemi corona.

Khabib dijadwalkan bertarung melawan Ferguson di Barclays Center, New York, 18 April 2020. Duel ini diharapkan bisa terlaksana setelah empat pertarungan sebelumnya batal digelar karena alasan cedera.

Lazimnya sebuah pertarungan, Khabib dan Ferguson sudah menjalani rangkaian persiapan untuk pertarungan tersebut. Hal itu diawali dengan sesi konferensi pers di Las Vegas, 6 Maret lalu.


Dalam kesempatan tersebut, Khabib dan Ferguson saling memprovokasi. Keadaan pun sempat memanas dan Khabib sempat menendang sabuk juara milik Ferguson.

Kronologi Khabib Mundur dari UFC 249Tony Ferguson semula dijadwalkan melawan Khabib Nurmagomedov pada 18 April 2020. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)
Khabib tidak menuruti isyarat Ferguson yang seolah meminta sang lawan meletakkan sabuk juara di lantai. Khabib tak mau menuruti dan malah menendang sabuk milik Ferguson.

Ferguson lantas tersulut emosi. Ia mengajak Khabib berduel namun berhasil dilerai petugas keamanan.

Setelah konferensi pers itu, Khabib terus mempersiapkan diri untuk pertarungan melawan Ferguson. Petarung asal Rusia itu berlatih di American Kickboxing Academy.

Selama di sana, Khabib berlatih dengan keras. Petarung berusia 31 itu juga menjalani latih tanding dengan mantan petarung UFC, Daniel Cormier.

Di sela-sela masa persiapan itu, kabar kurang mengenakan diterima Khabib. Bos UFC Dana White berencana mencari lokasi baru pertarungan karena kota New York menolak pertarungan tersebut akibat pandemi corona.

Kronologi Khabib Mundur dari UFC 249
White tetap ngotot ingin menggelar pertarungan di tempat lain. Ia ingin pertarungan Khabib vs Ferguson berjalan sesuai rencana semula.

Sinyal tersebut membuat Khabib terus berlatih agar siap meladeni Ferguson. Ketika gym tempatnya berlatih di AS ditutup, Khabib sempat terbang ke Abu Dhabi pada pertengahan Maret lalu.

Khabib menerima kabar dari pihak UFC bahwa pertarungan dengan Ferguson akan dihelat di Uni Emirat Arab.

"Pihak UFC mengatakan pertarungan 100 persen tidak akan terjadi di AS. Dan mereka mengatakan 99 persen akan terjadi di UEA, Abu Dhabi," ucap Khabib saat melakukan live Instagram, tiga hari lalu.

[Gambas:Video CNN]

Tak lama berada di Abu Dhabi, Khabib memutuskan untuk pulang ke kampung halaman di Dagestan, Rusia. Keputusan itu ia ambil karena Pemerintah UEA berencana menutup perjalanan keluar dan masuk ke negara mereka.

"Sekarang saya berada di Dagestan dan saya berlatih dan bersiap setiap hari. Meskipun saya tidak tahu bersiap untuk apa," ucapnya.

Kronologi Khabib Mundur dari UFC 249
Beberapa hari berselang, Khabib lantas mengambil keputusan untuk mundur dari UFC 249. Ia mengumumkan keputusan tersebut melalui akun Instagram karena tidak bisa keluar dari Rusia akibat pandemi corona.

Rusia memberlakukan larangan perjalanan masuk dan keluar bagi siapapun hingga waktu yang belum ditentukan. Aturan ini membuat Khabib tak bisa bertarung lawan Ferguson pada 18 April mendatang.

"Pemerintah di semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak semua pihak untuk mengikuti aturan keselamatan demi mencegah penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang," tulis Khabib.

"Haruskah saya terbang keliling dunia demi sebuah pertarungan? Saya jelas lebih kesal daripada Anda untuk membatalkan pertarungan ini. Saya punya banyak rencana setelah pertarungan itu, tapi saya tidak bisa mengendalikan semuanya." (jal/jun)