Promotor Tinju Dunia di Pihak Khabib soal Mundur dari UFC 249

ZZZ, CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 20:39 WIB
Bob Arum memiliki pendapat yang sama dengan Khabib Nurmagomedov soal pembatalan UFC 249 di tengah pandemi virus corona. Khabib Nurmagomedov masih berstatus sebagai juara kelas ringan UFC. (Isaac Brekken/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Promotor tinju kelas dunia, Bob Arum, memiliki pendapat yang sama dengan Khabib Nurmagomedov soal mundur dari UFC 249 di tengah pandemi virus corona.

Arum, yang sudah terjun dalam dunia promotor sejak tahun 1960-an, menilai semua orang harus bersabar dalam menghadapi wabah COVID-19 yang sedang melanda dunia.


"[White] harus malu pada diri sendiri. Dengan kejadian di negara ini dan di dunia dengan virus ini, hal terakhir yang kita butuhkan adalah tempat tanpa penonton untuk membuat acara itu terselenggara. Tetapi sebenarnya Dana White adalah orang dengan kecerdasan yang cacat," ucap Arum mengenai rencana White menyelenggarakan pertarungan tanpa penonton di saat pandemi virus corona.


Arum menyepakati kebijakan mengenai berdiam di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona sehingga menurutnya pemaksaan kehendak White untuk menggelar UFC 249 adalah tindakan yang tidak tepat.

Promotor Tinju Dunia di Pihak Khabib soal Mundur dari UFC 249Khabib Nurmagomedov memutuskan undur diri dari laga UFC 249. (Ed Mulholland/Getty Images/AFP)
"Dia tidak bisa tetap melanjutkan pertarungan, jika pertarungan tetap berlangsung dan sementara orang-orang sekarat di seluruh Amerika Serikat, dia harus malu pada dirinya sendiri," ujar Arum.

"Marilah para petarung menghentikan duel itu. Ini akan berakhir, dan akan berakhir lebih cepat jika kita bersama-sama melakukan apa yang harus kita lakukan dan tidak berkata 'saya bukan pengecut dan saya akan tetap melangsungkan pertandingan'. Itu adalah pesan yang salah," sambungnya dalam wawancara dengan CBS Sports.

Khabib yang direncanakan tampil melawan Tony Ferguson dalam partai puncak UFC 249 memutuskan mundur. Dalam unggahan di Instagram, juara bertahan kelas ringan UFC itu tak lepas dari pemberlakuan larangan perjalanan masuk dan keluar Rusia hingga waktu yang belum ditentukan.
Promotor Tinju Dunia di Pihak Khabib soal Mundur dari UFC 249


"Pemerintah di semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak semua pihak untuk mengikuti aturan keselamatan demi mencegah penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang."

"Haruskah saya terbang keliling dunia demi sebuah pertarungan? Saya jelas lebih kesal daripada Anda untuk membatalkan pertarungan ini. Saya punya banyak rencana setelah pertarungan itu, tapi saya tidak bisa mengendalikan semuanya," tulis Khabib di akun media sosialnya.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jun)