Brugge Klub Pertama yang Juara Liga di Tengah Darurat Corona

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 21:00 WIB
Brugge Klub Pertama yang Juara Liga di Tengah Darurat Corona Club Brugge dinyatakan juara setelah Liga Belgia dipastikan tak dilanjutkan. (AP Photo/Manu Fernandez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Club Brugge jadi klub pertama yang dinyatakan juara di tengah darurat pandemi virus corona di dunia.

Asosiasi Sepak Bola Belgia memutuskan untuk menghentikan liga kasta tertinggi Belgia dan menetapkan Brugge sebagai juara.

Liga Belgia sendiri padahal masih menyisakan satu pertandingan lagi dan Brugge berada di puncak klasemen pada putaran reguler. Brugge mengantongi 70 poin dalam 29 laga, sedangkan Gent hanya mampu mengumpulkan 50 poin di posisi kedua.


Belgia membagi kompetisi profesional mereka menjadi dua fase yakni reguler dan play-off. Sebanyak enam tim teratas dari 16 kontestan akan bertanding lagi untuk menentukan juara di fase kedua ini.

Laga Club Brugge saat menghadapi Real Madrid di Liga Champions. (Laga Club Brugge saat menghadapi Real Madrid di Liga Champions. (AP Photo/Manu Fernandez)
Jumlah poin enam tim itu di fase reguler akan dikurangi setengah pada putaran play-off. Putaran ini digelar juga untuk menentukan tim yang akan tampil di Liga Champions maupun Liga Europa.

Tinggal menyisakan satu laga lagi di putaran reguler, operator liga pun memutuskan untuk tidak meneruskan kompetisi karena wabah virus corona.

Dilansir dari ESPN, keputusan itu berdasarkan hasil pertemuan dengan 24 klub dari dua divisi di Belgia. Total 17 klub meminta agar kompetisi dihentikan.

Keputusan itu akan dikukuhkan pada pertemuan 15 April mendatang untuk meratifikasi penetapan tersebut.

"Dewan Direksi secara mutlak memutuskan bahwa tidak memungkinkan untuk melanjutkan kompetisi setelah 30 Juni. Berdasarkan sejumlah pertimbangan, Dewan Direksi memformulasikan rekomendasi kepada Rapat Umum untuk tidak melanjutkan musim 2019/2020 dan menerima posisi Liga Pro Jupiler (Belgia) saat ini sebagai hasil akhir," demikian pernyataan dari pihak Dewan Direksi Operator Liga.

Brugge Klub Pertama Dinyatakan Juara di Tengah Darurat Corona
Selain menetapkan Brugge juara, liga juga menetapkan Gent yang berada di posisi kedua bakal masuk ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu, liga juga memutuskan tak ada degradasi terkait penghentian kompetisi. Sebaliknya, dua tim teratas di kasta kedua yang juga dihentikan, dinyatakan promosi.

Dengan demikian, kompetisi kasta teratas Liga Belgia akan bertambah menjadi 18 tim untuk musim depan. (bac/sry)