Liga Inggris Bisa Pakai Lima Pemain Pengganti karena Corona

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 17:46 WIB
Liga Inggris Bisa Pakai Lima Pemain Pengganti karena Corona Liga Inggris bisa memiliki aturan baru. (AFP/ISABEL INFANTES)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liga Inggris bisa menggunakan lima pemain pengganti saat kompetisi tersebut kembali dilanjutkan karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Dikutip dari Mirror, klub-klub Liga Inggris akan mendorong menggunakan lima pemain pengganti jika 'dipaksa' menyelesaikan kompetisi yang tersisa dalam satu atau dua bulan ke depan.

Rencana tersebut muncul di tengah diskusi 20 klub Premier League tentang potensi menuntaskan musim 2019/2020 di masa karantina dengan opsi tertutup tanpa penonton.


Sampai dengan saat ini, sebagian besar klub Liga Inggris menyisakan sembilan pertandingan. Klub-klub khawatir para pemainnya kelelahan dan cedera jika tetap menggunakan tiga pemain cadangan. Terlebih lagi, waktu istirahat untuk pemain dari setiap pertandingan belum jelas.

Menggunakan lima pemain pengganti diharapkan bisa meringankan fisik pemain. Karena pemain bisa lebih cepat atau lebih banyak diganti guna menghindari cedera serta ketegangan otot.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Mirror, rencana penggunakan lima pemain pengganti di tengah pandemi corona ini merupakan ide dari pelatih-pelatih klub Liga Inggris yang diminta bisa diperjuangkan oleh Asosiasi Manajer Liga.

Selain isu penggunaan lima pemain pengganti, penggunaan VAR (video assistant referee) juga kemungkinan akan ditunda selama fase krisis virus corona.

Penggunaan VAR ini membutuhkan pemantauan di pusat teknologi itu yang terletak di Stockley Park. Demi menjaga social distancing di ruangan VAR, maka penggunaan teknologi tersebut kemungkinan ditangguhkan.

Petinggi-petinggi klub Liga Inggris kembali dijadwalkan bertemu pada Jumat (3/4) waktu setempat guna membahas kelanjutan kompetisi dan kesejahteraan pemain. (sry/nva)