Pesepakbola Dicap Tak Beri Contoh Baik di Masa Darurat Corona

fff, CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 05:10 WIB
Mantan pemain timnas Argentina, Carlos Tevez, menilai pesepak bola bukan teladan yang baik di saat hidup penuh keprihatinan Carlos Tevez ingin pesepakbola jadi contoh yang baik di tengah pandemi corona. (Alejandro PAGNI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain Manchester United dan Manchester City, Carlos Tevez, menilai para pesepakbola bukan teladan yang baik di saat hidup penuh keprihatinan di masa darurat corona karena bisa hidup enak tanpa digaji selama satu tahun.

Tevez merasa rekan-rekan sejawatnya bisa menikmati hidup bergelimang harta dan tidak perlu bersusah payah membanting tulang di tengah situasi tak menentu dan pemberlakuan lockdown atau karantina di beberapa negara lantaran COVID-19.


"Pemain bola bisa hidup enam bulan atau satu tahun tanpa dibayar. Kami bukan contoh yang baik, mungkin bisa jadi contoh untuk hal lain tetapi tidak untuk hal seperti ini. Kami tidak seperti orang yang harus mencari nafkah hari demi hari, berangkat dari rumah pukul 6 pagi dan kembali pada pukul 7 malam untuk mencari makan bagi keluarga."


"Mudah bagi kami berbicara dari rumah, memiliki makanan untuk anak-anak. Tetapi bagi orang-orang yang putus asa itu, jika mereka meninggalkan rumah maka mereka akan ditangkap dan tidak bisa memberi makan anak-anak mereka, itu sangat mengkhawatirkan," tutur mantan penyerang timnas Argentina.

Pesepakbola Dicap Tak Beri Contoh Baik di Masa Darurat Corona
Tevez merasa pemain sepak bola harus memberi contoh bijak dalam kehidupan di tengah pandemi virus corona dan harus ringan tangan dalam membantu sekitar.

"Kita harus ikut membantu. Saya akan sangat senang membantu membuat sup di dapur atau melakukan apapun. Contoh bagus harus datang dari para pesepakbola, aktor, untuk tampil dan membantu lingkungan yang membutuhkan. Saya bersedia melakukannya," ujar Tevez dalam wawancara dengan America TV dikutip dari Daily Mail.


Selain menuntut rekan-rekan seprofesinya aktif di dalam lingkungan, pemain Boca Juniors itu juga menyarankan klub-klub ikut ambil bagian dalam membantu kehidupan warga sekitar.

Beberapa pesepakbola, mantan pemain sepak bola, dan pelatih sudah turut ambil bagian dalam menanggulangi dampak krisis virus corona seperti Zlatan Ibrahimovic yang turut menggalang dana secara daring, Gary Neville yang membuka hotel miliknya untuk tenaga medis, dan Jose Mourinho yang membantu panti jompo.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)