Pelatih Timnas Inggris Southgate Setuju Potong Gaji 30 Persen

CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2020 04:20 WIB
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menyetujui tawaran pemotongan gaji hingga mencapai 30 persen. Pelatih timnas Inggris Southgate (kanan) setuju pemotongan gaji 30 persen. (JOE KLAMAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menyetujui tawaran pemotongan gaji hingga mencapai 30 persen sebagai dampak dari virus corona.

Juru bicara FA yang tidak disebutkan identitasnya mengungkapkan kepada Sky Sports, Asosias sepak Bola Inggris akan melakukan konfirmasi pemotongan gaji Southgate pekan depan.

"Kami ingin memastikan akan mengambil tindakan yang sesuai untuk mendukung organisasi dan karyawan yang lebih luas. Kami akan membuat pengumuman lebih lanjut," kata juru bicara tersebut.


Artinya, Southgate menerima rencana pemotongan gaji 30 persen yang disarankan Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock. Pemotongan gaji akan dialokasikan untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona.

Para pemain Liga Inggris yang diwakili Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA) mengatakan para pemain siap memberikan kontribusi signifikan.

Meski demikian, PFA memperingatkan pemotongan gaji 30 persen bakal berdampak luas. Salah satunya pemangkasan pendapatan negara lewat pajak tahunan.

Klub-klub Inggris disarankan memotong gaji para pemain dan pelatih hingga 30 persen dari total penerimaan tahunan. Itu dilakukan untuk menjamin pendapatan bagi para pekerja klub yang terdampak pandemi virus corona.

Sementara itu, sejumlah klub Premier League malah memangkas gaji karyawannya termasuk Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Newcastle United. (jun/jun)