Mike Tyson Bukan Lawan Tertangguh Lennox Lewis

sss, CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 13:32 WIB
Mantan juara dunia tinju kelas berat Lennox Lewis menilai Evander Holyfield adalah petinju yang paling tangguh, bukan Mike Tyson. Lennox Lewis saat melawan Mike Tyson. (JEFF HAYNES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan juara dunia tinju kelas berat asal Inggris Lennox Lewis menilai Evander Holyfield adalah petinju yang paling tangguh, bukan Mike Tyson.

Lewis mengapresiasi Holyfield dengan mengunggah foto mantan rivalnya tersebut di akun instagram @mrlennoxlewis. Petinju yang pernah memiliki sabuk juara dunia versi WBA, WBC, IBO, dan IBF itu pernah bertemu dua kali dengan Hollyfield dengan hasil sekali seri dan sekali menang.


"Orang-orang akan terkejut ketika saya mengatakan dia [Holyfield] adalah lawan saya yang paling tangguh, jangan keliru dengan pertarungan saya yang paling sulit melawan [Ray] Mercer."


"Ketika Anda benar-benar mengetahui alasannya, itu benar-benar masuk akal. Holyfield, seperti saya, memiliki pengalaman amatir yang baik sebelum masuk ke karier profesional," tulis Lewis dalam akun media sosial tersebut.

[Gambas:Instagram]

Dalam unggahan tersebut, Lewis juga menjelaskan perjalanan Holyfield yang sudah mulai berlatih sejak delapan tahun dan menjadi peraih medali Olimpiade pada 1984 sebelum masuk ke dunia tinju profesional di kelas cruiserweight dan meraih kejayaan di kelas berat.

"Saat Anda menggabungkan pengalaman amatir dan profesional Evander, Anda akan menyadari kesuksesan yang ia miliki di atas ring. Saya pernah bertemu dengannya dua kali, dia tahu saya dua kali menang meski dia tidak akan mengakuinya."

"Tetapi secara serius, dia adalah satu-satunya orang yang menjalani pertarungan 24 ronde dengan saya," sambungnya.

Setelah dua kali menghadapi Holyfield pada 1999, Lewis menjalani lima pertandingan sampai 2001. Setahun berselang, Lewis bertemu Tyson dan membukukan kemenangan KO pada ronde kedelapan.


Unggahan Lewis soal Holyfield diakui oleh banyak netizen, namun ada pula warganet yang tidak menyepakati pendapat petinju berjuluk The Lion itu.

Ada yang menganggap lawan terberat Lewis adalah Mercer dan lawan terakhir yang ia hadapi, Vitali Klitschko. Selain itu tak sedikit pemuja Tyson yang mengkritik Lewis tidak memasukkan nama petinju berjuluk si Leher Beton dalam daftar petarung tangguh. (nva/har)