UFC 249 Terancam Berlangsung Tanpa Dikawal Dokter Ring

ccc, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 17:52 WIB
UFC 249 Terancam Berlangsung Tanpa Dikawal Dokter Ring Tony Ferguson bakal tampil dalam partai puncak UFC 249. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- UFC 249 terancam berlangsung tanpa dikawal dokter lantaran Asosiasi Dokter Ring mendesak pembatalan seluruh olahraga bela diri saat pandemi virus corona.

Dewan direksi Asosiasi Dokter Ring mendesak penangguhan berbagai macam ajang olahraga bela diri hingga pandemi COVID-19 berlalu demi kesehatan dan keselamatan.

Rilis dari asosiasi tersebut bersamaan dengan pengumuman UFC yang memastikan Tony Ferguson akan bertarung melawan Justin Gaethje pada laga UFC 249, 18 April.


Desakan tersebut dikeluarkan berdasarkan rekomendasi dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) serta masyarakat medis profesional lainnya.

UFC 249 Terancam Berlangsung Tanpa Dikawal Dokter RingJustin Gaethje memiliki kemampuan stand fight yang baik. (Ed Mulholland/Getty Images/AFP)
"Kami menganjurkan agar semua acara olahraga bela diri ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Termasuk di semua program tanpa memandang jumlah orang yang berpartisipasi."

"Olahraga bela diri yang berlangsung selama pandemi global ini akan membuat atlet, ofisial, dan siapapun yang terlibat dalam acara tersebut berada di bawah risiko infeksi dan transmisi COVID-19. Selain itu atlet beladiri juga membutuhkan perhatian medis, dan kami tak ingin menambah ketegangan dalam sistem medis yang sudah kewalahan," tulis pernyataan Asosiasi Dokter Ring dikutip dari MMAJunkie.

UFC 249 Terancam Berlangsung Tanpa Dikawal Dokter RingFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Belum diketahui lokasi pasti penyelenggaraan UFC 249. Presiden UFC, Dana White, belakangan menyatakan ajang olahraga mixed martial arts tersebut akan berlangsung di sebuah pulau pribadi. Jika berlangsung di Amerika Serikat, UFC 249 kemungkinan tidak akan dikawal dokter yang tergabung dalam Asosiasi Dokter Ring.
UFC 249 Terancam Berlangsung Tanpa Dikawal Dokter Ring

UFC 249 mengalami perubahan susunan petarung, termasuk di partai puncak. Khabib Nurmagomedov yang sebelumnya dijadwalkan bertemu Tony Ferguson batal tampil lantaran tak bisa keluar dari Rusia yang menerapkan lockdown selama pandemi virus corona.

Posisi Khabib digantikan Justin Gaethje. Status pertarungan pun berubah dari perebutan sabuk gelar juara kelas ringan menjadi duel perebutan gelar interim kelas ringan. (nva/jal)

[Gambas:Video CNN]