Klopp: Melepas Coutinho Keputusan Sulit

CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 23:30 WIB
Klopp: Melepas Coutinho Keputusan Sulit Klopp mengaku sulit melepas Coutinho ke Barcelona. (Paul ELLIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku sulit mengambil keputusan melepas Philippe Coutinho ke Barcelona tahun 2018 lalu.

Klopp saat itu ingin Coutinho tetap bertahan di Liverpool. Namun, gelandang serang asal Brasil itu disebut ngotot ingin hengkang seiring datangnya tawaran dari Barcelona.

Blaugrana diketahui sudah lama jadi klub yang diidamkan Coutinho. Klopp pada akhirnya harus merelakan kepergian Coutinho meski pihak klub sudah beberapa kali menolak tawaran dan sang pemain sebenarnya baru saja memperpanjang kontrak.


The Reds melepas Coutinho ke Barcelona dengan nilai transfer 142 juta poundsterling. Coutinho pun masuk dalam jajaran pemain termahal di dunia.

Klopp: Melepas Coutinho Keputusan Sulit
"Saya benar-benar menghargai keputusan Coutinho untuk berganti klub dari detik pertama. Tetapi sulit untuk melepasnya," ujar Klopp saat berbicara kepada Pure Football Podcast.

"Ini bukan tentang kami baru saja teken kontrak beberapa bulan sebelumnya, namun sangat jelas dia tidak akan meminta pindah ke klub selain Barcelona."

Klopp mengungkapkan tawaran dari beberapa klub untuk meminang Coutinho sudah terjadi jelang musim baru tahun 2017. Akan tetapi, Klopp dan pihak klub sepakat menolak semua tawaran yang datang.

Klopp: Melepas Coutinho Keputusan Sulit
Juru racik formasi asal Jerman itu tidak ingin kehilangan Coutinho di awal musim baru. Apalagi, saat itu The Reds sudah tidak bisa memakai tenaga Adam Lallana yang cedera.

"Coutinho terbuka untuk bertahan selama enam bulan dan itu keren. Setelah itu Anda harus adil di bursa transfer dan mengatakan kami bisa mencari penggantinya. Kami tidak menyukai langkah ini tapi kami bisa melakukannya."

Klopp lantas mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton dari uang hasil penjualan Coutinho. Di bursa transfer awal musim, Klopp kembali memperkuat tim salah satunya dengan mendatangkan kiper Alisson Becker dari AS Roma.

Van Dijk dan Alisson memiliki andil besar atas sukses Liverpool juara Liga Champions 2018. Kedua pilar di lini belakang itu juga yang membuat The Reds diambang juara juara Liga Inggris musim ini yang sementara dihentikan akibat pandemi corona. (jal/ptr)

[Gambas:Video CNN]