Jiwa Besar Pemain Liga 1 Melawan Virus Corona

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 17:22 WIB
Pemain-pemain Liga 1 2020 membantu tenaga medis yang menangani virus corona dengan berdonasi secara langsung maupun secara lelang. Marko Simic berpartisipasi perangi virus corona di Indonesia. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah masalah pemotongan gaji yang jadi kontroversi, pemain-pemain Liga 1 2020 masih berjiwa besar dengan berkontribusi dalam memerangi pandemi virus corona di Indonesia.

Perdebatan soal persentase gaji yang diterima pemain-pemain Liga 1 muncul setelah PSSI mengeluarkan keputusan pada akhir Maret.

Dalam rilis tanggal 28 Maret itu, PSSI menghentikan sementara Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga 29 Mei. Kondisi itu bisa diperpanjang dan bahkan dihentikan total jika wabah Covid-19 berlanjut ke bulan Juni dan Juli.


Selain pengumuman penghentian kompetisi, status darurat virus corona ini membuat PSSI mengeluarkan 'perintah' kepada klub-klub peserta agar membayarkan gaji pemain maksimal 25 persen dari kewajiban yang tertera di kontrak.

Potongan gaji itu akan terasa 'mencekik' pemain jika klub memberikan gaji kurang dari 25 persen. Ditambah lagi jika DP yang pemain terima di awal kontrak tidak dalam persentase yang besar.

Meski demikian, di tengah perdebatan itu para pemain tersebut masih memiliki keihklasan guna membantu tenaga medis memerangi Covid-19. Para pemain itu ada yang berdonasi langsung secara pribadi, ada juga yang melelang barang-barang.

Dikutip dari Antara, striker Persija Jakarta Marko Simic menyumbangkan uang Rp100 juta. Tidak hanya itu, Simic juga merelakan medali juara Liga 1 2018 terjual seharga Rp26 juta.

Hamka Hamzah (kanan) melelang jersey milik mantan kapten Chelsea, John Terry.Hamka Hamzah (kanan) melelang jersey milik mantan kapten Chelsea, John Terry. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Pemain Persija lain Riko Simanjuntak melelang jersey dan sepatu yang terjual hingga Rp5,1 juta. Begitu pula dengan gelandang Mark Klok yang melelang sepatu spesial dengan harga kesepakatan terakhir mencapai Rp15 juta.

Antara menyebut, semua barang lelang dari para pemain yang dikumpulkan klub Persija melalui laman Kitabisa bernilai Rp180.000.114.

[Gambas:Video CNN]
Tidak saja pemain-pemain Persija, pemain Liga 1 lain juga berdonasi lewat wadah Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Ilija Spasojevic, Gunawan Dwi Cahyo, dan Muhammad Ridho (Bali United), Samsul Arif dan Hamka Hamzah (Persita), Rizky Pora (Barito Putera), Silvio Escobar (Tira Persikabo), Amrizal Umanailo (Borneo FC), serta Alfeandra Dewangga (PSIS) adalah pemain yang berdonasi lewat APPI.

Jiwa Besar Pemain Liga 1 Melawan Virus Corona
Sebagian besar dari pemain-pemain itu melelang jersey yang punya nilai sejarah tinggi dalam karier mereka. Seperti Hamka yang melelang kaus milik mantan kapten Chelsea, John Terry, saat berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu.

Dalam laman Kitabisa APPI, jumlah donasi hasil lelang para pemain itu sudah mencapai Rp115.085.142 sampai Kamis siang. Jumlah itu akan terus bertambah mengingat tenggat waktu pengumpulan masih panjang.

Jiwa Besar Pemain Liga 1 Melawan Virus Corona
Pengumpulan donasi juga dilakukan pihak klub, seperti yang dilakoni PSS Sleman dan Borneo FC. Tim Elang Jawa melelang 30 jersey pemain-pemainnya guna membantu penangangan masalah Covid-19 di wilayah Sleman.

Cara berbeda dimiliki Borneo FC. Meski mendapat pengurangan gaji, pemain dan pelatih Borneo FC sepakat menyisihkan 2 persen dari gaji mereka itu untuk membantu tenaga medis.

Di Bandung, Persib mengajak masyarakat khususnya suporter Maung Bandung memberikan tips atau uang lebih bagi para pengemudi ojek daring.

Langkah itu diambil guna mendukung instruksi pemerintah yang meminta warga tetap di rumah demi memutus rantai penularan. Memberikan uang lebih kepada para pengemudi ojek online akan membantu perekonomian mereka yang juga terkena dampak. (sry/jun)

[Gambas:Video CNN]