4 Tips Olahraga di Rumah ala Pemain Bali United Gavin Kwan

CNN Indonesia | Kamis, 16/04/2020 06:35 WIB
Pesepak bola Indonesia Gavin Kwan Adsit Tips olahraga ala Gavin Kwan Adsit. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tubuh harus tetap aktif bergerak supaya badan tetap sehat. Berikut empat tips berolahraga di rumah ala winger Bali United Gavin Kwan Adsit.

Sebagai pesepakbola, Gavin tetap dituntut untuk menjaga kebugaran tubuh selama penangguhan kompetisi Liga 1 2020 akibat pandemi wabah covid-19 atau virus corona. Berolahraga dua kali sehari setiap pagi dan sore menjadi menu latihan Gavin selama 'liburan'.

Nah, kini Gavin mencoba untuk berbagi tips berolahraga di rumah khusus buat pembaca CNNIndonesia.com. Berikut empat tips berolahraga di rumah dari Gavin:


1. Pemanasan

Hal utama terpenting yang perlu diingat dan harus dilakukan sebelum berolahraga adalah pemanasan. Biasanya Gavin melakukan pemanasan 30 menit sebelum melakukan aktivitas olahraga.

Xavi Kembali Panaskan 'Perang' Barcelona vs Real Madrid
Buat Gavin, pemanasan menjadi penting supaya tidak mengalami cedera. Ini bisa dilakukan dengan merenggangkan otot, mulai dari pergelangan tangan sampai kaki.

"Harus diingat untuk tidak cedera saat olahraga. Jadi pemanasan sangat penting sebelum latihan," ucap Gavin.

2. Variasi Gerakan

Gerakan-gerakan olahraga yang direkomendasikan Gavin merupakan yang bisa dilakukan selama kita berada di rumah. Gerakan bisa bervariasi setiap harinya untuk menghindari kebosanan.

[Gambas:Video CNN]
Di pagi hari, Gavin biasanya melakukan olahraga statis di dalam ruangan. Gerakannya mulai dari push up, sit up, plank, side plank, dan squad secara bergantian.

Untuk mencari gerakan lain, Gavin biasanya melihat video tayangan di Youtube dan mencobanya di latihan.

3. Yoga

Yoga biasa menjadi pilihan olahraga Gavin yang saat ini menetap di Bali. Ia memih yoga karena dianggap memiliki mobilitas yang cukup tinggi buat tubuh.

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Tidak hanya membuat badan menjadi segar, yoga juga dipercaya dapat membantu mengendalikan stres dan merelaksasi tubuh dari rasa jenuh yang dialami selama berada di rumah saja.

4. Olahraga dengan Bola

Kebetulan tempat Gavin tinggal dekat dengan lapangan. Ia memanfaatkan waktu di sore hari untuk datang ke lapangan dan bermain dengan bola.

Jika tidak ada lapangan, halaman rumah pun bisa disulap sebagai tempat untuk berolahraga. Kalian bisa memainkan bola seperti layaknya pesepakbola profesional berlatih.

Mulai dari sprint box to box, gerakan zig-zag dengan bola dan variasi gerakan lain supaya tidak bosan. Selamat mencoba! (TTF/jun)

[Gambas:Video CNN]