Kisah Kiper Cetak Sejarah Lewat Dua Gol Bunuh Diri

CNN Indonesia
Selasa, 21 Apr 2020 17:57 WIB
Fulham's English goalkeeper David Stockdale in action during their English Premier League football match against Everton at Craven Cottage, London, England, on September 13, 2009. AFP PHOTO/Glyn Kirk

FOR EDITORIAL USE ONLY Additional licence required for any commercial/promotional use or use on TV or internet (except identical online version of newspaper) of Premier League/Football League photos. Tel DataCo +44 207 2981656. Do not alter/modify photo. (Photo by GLYN KIRK / AFP) Nama David Stockdale tercatat dalam sejarah sepak bola Inggris. (AFP/GLYN KIRK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiper Brighton, David Stockdale membuat sejarah besar di sepak bola Inggris pada 21 April 2017. Namun sejarah itu bukan berupa catatan menyenangkan karena ia melakukan dua gol bunuh diri.

Lazimnya gol bunuh diri dicetak oleh pemain di luar kiper. Biasanya gol bunuh diri tercipta karena kesalahan antisipasi serangan lawan atau bahkan keteledoran dalam melakukan operan terhadap kiper.

Namun Stockdale memecahkan rekor sebagai kiper pertama yang mencetak dua gol bunuh diri dalam sebuah pertandingan liga di sepak bola Inggris. Dibandingkan disebut sebagai penampilan buruk, catatan dua gol bunuh diri ini lebih layak disematkan dengan 'ketidakberuntungan'.


Ironisnya, dua gol bunuh diri yang dicetak oleh Stockdale ini lahir dari proses yang hampir serupa.

Pemain Norwich, Alex Pritchard jadi sosok pemain yang layak disalahkan oleh Stockdale sebagai penyebab hadirnya dua gol bunuh diri olehnya.

[Gambas:Video CNN]
Pada gol bunuh diri pertama, Pritchard mendapat bola liar yang langsung disambar dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Bola meluncur dan Stockdale berusaha terbang menepis bola. Bola menerpa mistar dan kemudian mengenai punggung Stockdale. Pantulan dari punggung Stockdale ini yang membuat bola masuk ke gawang.

Di kesempatan kedua, Pritchard kembali mencoba peruntungan lewat tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Bola kali ini menerpa tiang gawang sebelah kiri. Stockdale yang terlanjur sudah terbang kembali tertimpa sial karena bola pantulan lagi-lagi menerpa punggungnya dan mengakibatkan bola tersebut masuk ke dalam gawang.

Kisah Kiper Cetak Sejarah Buat Dua Gol Bunuh Diri
Stockdale jadi pemain ke-40 dalam sejarah sepak bola Inggris yang mencetak dua gol bunuh diri dalam satu pertandingan namun ke-39 pemain sebelumnya adalah pemain non kiper.

Meski gagal jadi juara divisi Championship, Brighton tetap lolos ke Premier League di akhir musim. Stockdale juga terpilih sebagai 11 pemain terbaik di musim itu.

Namun Stockdale tak mau memperpanjang kontrak dengan Brighton dan memilih bermain di tim Championship lain, yaitu Birmingham City. Kini ia bermain di Wycombe Wanderers yang berlaga di League One. (ptr/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER