PSG Dikabarkan Jadi Juara Liga Prancis

CNN Indonesia | Kamis, 30/04/2020 19:04 WIB
PSG players celebrate after PSG's Pablo Sarabia, second left, scored his side's third goal during the French League One soccer match between Monaco and Paris Saint-Germain at the Louis II stadium in Monaco, Wednesday, Jan. 15, 2019. (AP Photo/Daniel Cole) PSG diabarkan jadi juara Liga Prancis. (AP Photo/Daniel Cole)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paris Saint Germain (PSG) dikabarkan jadi juara Ligue 1 musim ini setelah Liga Prancis resmi bubar karena pandemi virus corona (covid-19).

Sebelum pemerintah Prancis menetapkan lockdown, kompetisi Ligue 1 sudah menjalani 28 dari 38 laga musim ini. Les Parisiens bercokol di posisi puncak klasemen sementara.

Selisih poin klub itu dengan Olympique Marseille cukup jauh yaitu 12 poin.


Belum ada keputusan resmi dari operator Liga Prancis terkait kepastian juara atau tidak setelah pemerintah Prancis memutuskan tak boleh menggelar kompetisi hingga September.

Selisih PSG di puncak klasemen dengan peringkat kedua, Olympque Lyons, berjarak 12 poin. (Selisih PSG di puncak klasemen dengan peringkat kedua, Olympque Lyons, berjarak 12 poin. (AP Photo/Daniel Cole)
Meski demikian, salah satu jurnalis media Prancis L'Equipe seperti dilansir Mirror, menyebutkan bahwa PSG akan dinobatkan sebagai juara di tengah pandemi covid-19.

PSG sendiri saat ini sudah memenangkan enam gelar dalam tujuh musim terakhir. Ini akan jadi gelar ketujuh mereka dalam delapan musim jika Neymar dan kawan-kawan dipastikan juara Ligue 1 2019/2020.

Sementara itu, tim-tim tiga terbawah juga masih harap-harap cemas menanti kepastian nasib mereka, terdegradasi atau tidak. Klub-klub itu antara lain Nimes, Amiens, dan Toulouse.

Sebelumnya Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe, telah mengumumkan seluruh agenda olahraga ditiadakan hingga September karena darurat covid-19.

[Gambas:Video CNN]
Jika PSG dinobatkan sebagai juara, keputusan itu akan mengikuti kebijakan operator Liga Belgia yang memastikan Club Brugge juara setelah kompetisi dihentikan.

Beda halnya dengan Liga Belanda yang menghentikan kompetisi dan meniadakan juara serta degradasi di kompetisi tersebut. Namun, keputusan itu bisa dianulir karena banyak klub yang protes.

Peluang Liga Belanda dilanjutkan kembali dengan menggugurkan keputusan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) diungkapkan politisi Mark Boumans. Menurut Boumans bukan kejutan apabila ketetapan KNVB itu dibatalkan.

GIF Banner Promo Testimoni
"Saya pikir [keputusan] itu bisa diubah," ujar Bouman dikutip dari Mirror.

"Kesimpulan saya adalah, jika setengah dari klub ditambah satu ingin membalikkan hasil dari keputusan kacau minggu ini, maka itu mungkin [dilanjutkan]," ucap Bouman menambahkan. (bac/bac)