Australia Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Liga Inggris

CNN Indonesia
Minggu, 03 May 2020 13:00 WIB
Liverpool's Mohamed Salah is dejected after missing an opportunity to score during the English Community Shield soccer match between Liverpool and Manchester City at Wembley stadium in London, Sunday, Aug. 4, 2019. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth) Australia tawarkan diri jadi tuan rumah pertandingan sisa musim Liga Inggris. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Australia menawarkan diri menjadi tuan rumah pertandingan sisa musim Liga Inggris yang saat ini terhenti sementara karena pandemi Covid-19.

Premier League tengah ditangguhkan sementara hingga waktu yang tak pasti lantaran pandemi virus Corona yang menjangkiti Inggris dan Eropa.

Namun, ada beberapa skenario yang muncul untuk menyelesaikan musim 2019/2020. Termasuk wacana untuk menggelar pertandingan di Australia yang diklaim lebih aman dari corona.


Daily Mail melaporkan, agen pemain asal Inggris yang tinggal di Perth, Australia, telah menjalin kontak dengan otoritas sepak bola Inggris terkait rencana menggelar pertandingan di Australia Barat.

"Saya sudah berdiskusi dengan kontak di klub Premier League dan mereka suka dengan gagasan itu," ujar Gary Williams.

"Saya juga sudah berbicara dengan staf pemerintahan dan mereka antusias. Kami akan berbicara lagi pekan ini. Semuanya aman di sini," sambungnya.

Williams menjelaskan, pemerintah Australia sudah mencabut banyak pembatasan. Warga diperbolehkan duduk bersama dan pantai kembali dibuka untuk umum.

"Kami hanya memiliki empat kasus baru dalam sepuluh hari terakhir," kata Williams.

[Gambas:Video CNN]
Australia memang belum lepas sepenuhnya dari wabah virus corona. Namun, jumlah kasus yang terjadi jauh lebih kecil dari Inggris. Korban meninggal di Australia tercatat hanya 93 orang sementara di Inggris terjadi 28 ribu kematian, dengan ratusan meninggal setiap hari.

Rencana ini mendapat dukungan dari Senator Perth Glenn Sterle. Ia berharap Australia bisa jadi tuan rumah pertandingan sisa Premier League sekaligus mengikis kecemasan terhadap penyebaran virus.

"Kami hampir tidak memiliki kasus corona baru. Hanya sekadar kasus karantina bagi teman-teman yang tiba dari luar negeri tapi kemudian kami bisa bangun dan berlari," ujarnya.

Saat ini puncak klasemen Liga Inggris dipimpin Liverpool dengan keunggulan 25 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City. Pandemi corona membuat kompetisi Premier League musim menjadi tak pasti. (jun/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER