PSSI Libatkan Menpora dan APPI Bahas Nasib Liga 1 2020

CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 11:59 WIB
Pemain Persib Bandung Wander Luiz (kiri) berusaha melewati pemain Persela Lamongan Jasmin Mecinovic (kanan) pada pertandingan pekan pertama Liga 1 Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020). Pada babak pertama, Persib Bandung berhasil unggul dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj. PSSI bahas nasib Liga 1 2020 di masa pandemi Covid-19. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI melibatkan Menteri Pemuda dan Olahraga dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) untuk membahas nasib Liga 1 2020 di masa new normal.

Induk organisasi sepak bola Indonesia itu meminta pendapat dari Kemenpora, klub, asosiasi pemain, dan asosiasi pelatih.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan fase-fase pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19. Izin menggelar kegiatan olahraga yang melibatkan penonton.


Menanggapi hal itu, PSSI mengajak para stakeholder sepak bola termasuk APPI dan Menpora untuk membahas nasib kompetisi Liga 1 2020.

"PSSI hari ini meeting virtual dengan APPI [Asosiasi Pemain Profesional Indonesia] dan APSSI [Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia] untuk meminta pendapat mereka tentang bagaimana pandangan pemain dan pelatih bila [kompetisi] dilanjutkan atau berhenti. Kami ajak dialog untuk bertukar pikiran," ucap Yunus Nusi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (26/5).

GIF Banner Promo Testimoni

Setelah berdiskusi dengan APPI dan APSSI, PSSI akan membuat keputusan setelah pemerintah pusat mengumumkan status tanggap darurat covid-19 di Indonesia, Jumat (29/5).

"Kami masih menunggu keputusan pemerintah sambil nantinya [nasib kompetisi] diputuskan di rapat exco PSSI. Rapat Exco masih menunggu arahan dari Ketum PSSI," kata Yunus Nusi.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga telah bertemu Menpora Zainuddin Amali pada Kamis (22/5). Pertemuan tersebut membahas rencana PSSI kembali menggulirkan kompetisi liga.

[Gambas:Video CNN]
Dilansir situs resmi PSSI, Menpora mengajak masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan virus corona dengan tetap produktif saat pandemi. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan.

Menpora mengatakan kompetisi sangat penting untuk membentuk timnas yang tangguh. Sebab itu, PSSI, Kemenpora dan BNPB akan bersama-sama menyiapkan kajian untuk menggelar lanjutan kegiatan olahraga di Indonesia.

"[Nasib kompetisi] itu tergantung PSSI, LIB, dan klub. Silakan mereka diskusikan kelanjutan kompetisi. Saya menunggu hasil diskusi mereka," ucap Menpora kepada CNNIndonesia.com. (TTF/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK