Ingin Rekrut Coutinho, Arsenal Perlu Belajar dari Klopp

CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 20:58 WIB
Liverpool's German manager Jurgen Klopp (C) speaks to Liverpool's Brazilian midfielder Philippe Coutinho as he prepares to play during the UEFA Champions League Group E football match between Liverpool and Sevilla at Anfield in Liverpool, north-west England on September 13, 2017. (Photo by Paul ELLIS / AFP) Philippe Coutinho dan Jurgen Klopp. (Paul ELLIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arsenal perlu belajar dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, apabila ingin merekrut winger asal Brasil Philippe Coutinho pada musim depan.

The Gunners diklaim menjadi salah satu peminat Coutinho yang kini menjadi pemain pinjaman Barcelona di Bayern Munchen.

Nasib Coutinho di musim depan bisa tidak jelas, karena Munchen enggan mempermanenkan mantan pemain Inter Milan itu. Sedangkan Blaugrana memasukkan namanya ke dalam daftar jual utama di bursa transfer nanti.


Di tengah situasi itu Arsenal mencoba memanfaatkan kesempatan menggaet Coutinho. Menurut laporan Mirror, pelatih Arsenal Mikel Arteta dikabarkan mengadakan pertemuan dengan agen Coutinho, Kia Joorabchian, mengenai kemungkinan mendatangkan pemain Brasil tersebut.

Dengan memiliki Coutinho, Arteta berharap bisa membawa gaya khas permainan Spanyol ke klub asal London utara itu.

[Gambas:Video CNN]

Akan tetapi, Arteta perlu belajar lebih jauh lagi dengan Klopp soal Coutinho. Pasalnya, salah satu alasan Coutinho dijual Liverpool ke Barcelona pada Januari 2018 karena ia tidak cocok bermain dengan gaya permainan yang sangat menyerang.

Coutinho disebut hanya piawai bermain di sisi kiri dan tengah. Sementara, skema menyerang Klopp menuntutnya memiliki kemampuan lebih sebagai pemain dengan tipikal menyerang.

Tidak hanya itu, Coutinho juga dianggap tidak bekerja dengan keras seperti pemain lain yang kini dimiliki Klopp.

Karena sejumlah faktor tersebut pelatih asal Jerman itu memilih menjual Coutinho dan mendapatkan dana besar guna membeli pemain lain. Hasilnya, uang penjualan Coutinho bisa membeli bek Virgil van Dijk dan kiper Alisson Becker guna menutup posisi yang selama ini jadi titik lemah Liverpool.

Dalam waktu singkat usai penjualan Coutinho dan pembelian pemain baru itu Liverpool bisa juara Liga Champions dan kini jadi kandidat juara Liga Inggris.

Bukan saja Klopp yang tidak cocok dengan gaya bermain Coutinho. Mantan bos Arteta di Manchester City, Pep Guardiola, juga jadi pelatih yang tidak pernah ingin memiliki pemain 27 tahun itu.

Man City punya kesempatan merekrut Coutinho sebagai pemain pinjaman pada musim lalu, namun Guardiola menolaknya dengan alasan yang kurang lebih sama dengan Klopp. (sry/ptr)