Kontak Hanya 39 Detik, Alasan Liga Inggris Aman Dilanjutkan

CNN Indonesia | Kamis, 28/05/2020 16:28 WIB
Southampton's Pierre-Emile Hoejbjerg, right, challenges Liverpool's Mohamed Salah during the English Premier League soccer match between Liverpool and Southampton at Anfield Stadium, Liverpool, England, Saturday, February 1, 2020. (AP Photo/Jon Super) Premier League berencana dilanjutkan mulau pertengahan Juni. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah studi menunjukkan seorang pemain akan berada lebih dekat dari jarak dua meter dengan pemain lain rata-rata selama 39 detik. Hal ini yang jadi salah satu dasar Liga Inggris melanjutkan tahap persiapan kompetisi ke fase selanjutnya.

Premier League melalui Second Spectrum telah melakukan penelitian mengenai kontak fisik antarpemain dalam sebuah pertandingan.

Menurut perusahaan pelacakan data asal Amerika Serikat yang memiliki sistem kamera pada setiap laga Premier League, dari 288 pertandingan yang berlangsung sejauh ini seorang pemain akan berdekatan dengan pemain lain rata-rata selama 39 detik.


Hasil penemuan tersebut sudah dipaparkan kepada kontestan Premier League pada Rabu (27/5) sebelum memutuskan para pemain boleh kembali melakukan kontak fisik dengan rekan setim saat latihan.

GIF Banner Promo Testimoni
Sementara seperti dilansir dari Daily Mail, virus corona diketahui dapat menyebar dari seorang yang positif melalui kontak dalam jarak dekat, kurang dari dua meter, selama 15 menit.

Kendati demikian ada pula studi yang menunjukkan 98 persen pemain berada dalam jarak dekat dengan yang lainnya selama sekitar lima menit.

[Gambas:Video CNN]
Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Aarhus di Denmark, yang menganalisis 14 pertandingan liga teratas sepak bola Denmark, diketahui rata-rata pemain saling berdekatan selama 88 detik.

Untuk itu Premier League meminta Second Spectrum untuk mengumpulkan data dari seluruh pertandingan musim ini sebelum menampilkannya di pertemuan dengan klub-klub guna memastikan kelanjutan Premier League musim ini.

Klub-klub peserta Premier League telah kembali mengadakan latihan. Setelah menjalani latihan dalam kelompok kecil, kini semua kesebelasan diperbolehkan menggelar latihan dalam kelompok besar.

Rencananya kompetisi sepak bola di Inggris tersebut akan dimulai kembali pada pertengahan Juni. (nva/jun)