Formula 1 2020 Resmi Dimulai 5 Juli di Austria

CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 18:08 WIB
Ferrari driver Charles Leclerc of Monaco leads the field at the start of the Singapore Formula One Grand Prix, at the Marina Bay City Circuit in Singapore, Sunday, Sept. 22, 2019. (AP Photo/Lim Yong Teck) Balapan Formula 1 2020 tertunda sejak Maret. (AP Photo/Lim Yong Teck)
Jakarta, CNN Indonesia -- Balap Formula 1 2020, yang sempat tertunda karena pandemi virus corona, bakal dimulai pada 5 Juli di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

F1 sudah memastikan delapan seri yang terjadwal sejak 5 Juli hingga 6 September yang melibatkan enam tuan rumah.

Setelah balapan GP Austria pada 5 Juli, sepekan berselang Sirkuit Red Bull Ring bakal kembali menggelar balap mobil formula kelas utama tersebut.


Balapan akan berlanjut ke Hungaria, dan dua balapan beruntun di Sirkuit Silverstone. Pada bulan Agustus para pembalap akan berlaga di Spanyol dan Belgia. Sementara pada awal Oktober balapan berlangsung di Italia.

Red Bull driver Max Verstappen, of the Netherlands, steers his car during the Brazilian Formula One Grand Prix at the Interlagos race track in Sao Paulo, Brazil, Sunday, Nov. 17, 2019. (AP Photo/Nelson Antoine)Balap Formula 1 2020 direncanakan dimulai d Australia 15 Maret. (AP Photo/Nelson Antoine)
"Dalam beberapa minggu terakhir kami telah bekerja tak kenal lelah dengan partner kami, FIA dan tim untuk membuat revisi pembukaan jadwal 2020 agar dapat mengawali balapan dengan seaman mungkin," kata Pemimpin sekaligus Direktur Eksekutif Formula 1 Chase Carey.

"Kami senang bisa merencanakan delapan balapan awal pada hari ini dan berharap dapat menampilkan jadwal penuh kami pada pekan mendatang," sambungnya dikutip dari situs resmi F1.

Selain menggelar balapan F1, delapan seri yang terjadwal juga akan melangsungkan balapan F2 dan F3.

[Gambas:Video CNN]
Untuk menjamin keamanan dan keselamatan orang-orang yang terlibat dalam balapan maka F1 memberlakukan beberapa peraturan wajib.

Para pebalap dan seluruh orang yang ikut dalam balapan akan melakukan tes secara reguler. Balapan juga akan dilaksanakan tanpa penonton. Tamu dan partner juga dilarang hadir, hanya beberapa personel yang bisa mendapat akses ke sirkuit.

Pengurangan jumlah personel juga diberlakukan, tidak hanya oleh tim tetapi juga FIA, F1, dan pemasok.

GIF Banner Promo Testimoni

Perjalanan tim dari satu negara ke negara lain akan diisolasi. Perjalanan akan menggunakan pesawat carter dan transportasi dari sirkuit, hotel, dan bandara akan dibatasi secara ketat.

Jarak sosial menjadi keharusan dalam sebuah seri balapan. Akan ada perubahan dalam momen sebelum balapan dan seremoni setelah balapan untuk menjaga social distancing.

Jadwal Delapan Balapan Awal F1 2020

1. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 5 Juli
2. GP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Austria) 12 Juli
3. GP Hungaria (Sirkuit Hungaroring, Hungaria) 19 Juli
4. GP Inggris (Sirkuit Silverstone, Inggris) 2 Agustus
5. GP Perayaan 70 Tahun (Sirkuit Silverstone, Inggris) 9 Agustus
6. GP Spanyol (Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol) 16 Agustus
7. GP Belgia (Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia) 30 Agustus
8. GP Italia (Sirkuit Monza, Italia) 6 September (nva/jun)