Liga Vietnam Kembali Digelar dengan Protokol Ketat

CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 20:17 WIB
soccer or football player standing with ball on the field for Kick the soccer ball at football stadium Ilustrasi sepak bola. (Istockphoto/TuiPhotoengineer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liga Vietnam atau V League 1 akan kembali melanjutkan kompetisi mereka di musim ini di tengah pandemi virus corona pada Jumat (5/6) dengan pertandingan Hai Phong melawan Ho Chi Minh City di Stadion Lach Trau sebagai laga pembuka.

Pertandingan pada minggu ini merupakan laga pekan ketiga bagi Liga Vietnam setelah terhenti sejak pertengahan Maret.

Pada sisa kompetisi musim ini, Liga Vietnam menyisakan 120 pertandingan dari total 134 laga. Meski terbilang sebagai negara yang sukses menangani Covid-19, kompetisi Liga Vietnam musim ini akan dilanjutkan dengan protokol kesehatan.


Dikutip dari Vnexpress, Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Le Hoai Anh mengatakan jumlah suporter akan dibatasi di masa new normal ini.

Sementara itu, Baotintuc melaporkan, sejumlah protokol akan diterapkan di pertandingan Hanoi vs Hoang Anh Gia Lai yang digelar di Stadion Hang Day, Sabtu (6/6).

Selain pembatasan jumlah penonton, untuk mencegah penularan virus corona, dua hari sebelum pertandingan panitia pelaksana akan menyemprotkan disinfektan ke seluruh halaman Stadion Hang Day.

Kursi-kursi di stadion akan dibersihkan 2,5 jam sebelum pertandingan. Gerbang stadion dan gerbang keamanan juga akan dibuka 2,5 jam sebelum kick-off.

Penonton yang akan menyaksikan pertandingan akan diukur suhu tubuhnya. Tidak hanya itu, suporter juga diminta membawa pembersih tangan dan menggunakan masker sebelum, selama, serta setelah pertandingan.

Suporter disarankan datang lebih awal guna menghindari penumpukan di gerbang stadion dan pintu masuk. Kehadiran lebih awal itu juga bisa jadi momen bagi tim mendapatkan dukungan terbaik.

GIF Banner Promo Testimoni
Meski Stadion Hang Day memiliki kapasitas 22.500 penonton, namun di masa new normal ini jumlah penonton dibatasi menjadi 10 ribu orang.

Guna mencegah kerumunan baik sebelum maupun sesudah pertandingan, petugas gabungan yang terdiri dari polisi dan tentara dilibatkan, dengan jumlah diperkirakan mencapai 500 orang.

Petugas kepolisian Hanoi akan memastikan keamanan, keselamatan sebelum, selama, dan setelah pertandingan dengan efisiensi tinggi.

Pada saat yang sama, kepolisian juga akan memandu lalu lintas guna menghindari kemacetan selama pertandingan dan membuat rute cadangan.

Kontrol ketat dalam pertandingan tersebut juga diperkuat melarang suporter membawa benda-benda berbahaya. Mulai dari bahan peledak, hingga melarang penggunaan suar di dalam stadion.

Selain penerapan protokol kesehatan di pertandingan, Liga Vietnam juga melakukan perubahan format. Tidak ada lagi skema kandang dan tandang, tetapi lebih ke format tunggal.

Setelah itu, klasemen akan dibagi menjadi 2 grup. Tim di posisi delapan teratas akan masuk ke Grup A untuk memperebutkan juara hingga peringkat ketiga, sedangkan enam terbawah ke Grup B untuk menentukan degradasi. Pada situasi saat ini V-League hanya memastikan satu tim yang terdegradasi ke V-League 2. (sry/nva)

[Gambas:Video CNN]