Liga Inggris Resmi Berlakukan Lima Pergantian Pemain

CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 20:54 WIB
Liverpool's Mohamed Salah walks off after being substituted by Liverpool's Divock Origi, left, during the English Premier League soccer match between Leicester City and Liverpool at the King Power Stadium in Leicester, England, Thursday, Dec. 26, 2019. (AP Photo/Rui Vieira) Liga Inggris pakai lima pergantian pemain. (AP Photo/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liga Inggris mengizinkan pergantian lima pemain saat Premier League kembali digelar pada 17 Juni di masa new normal virus corona.

Sejumlah peraturan baru muncul dalam lanjutan kompetisi di masa new normal ini. Selain penambahan pergantian pemain dari tiga menjadi lima, jumlah skuat juga bertambah dari 18 menjadi 20 orang dalam daftar susunan pemain.

Dengan penambahan itu, pemain pengganti yang awalnya berjumlah tujuh orang kini menjadi sembilan pemain.


Seluruh klub peserta Liga Inggris bertemu pada Kamis (4/6) waktu setempat guna membahas berbagai langkah menuju "restart" pada pertengahan bulan ini.

Salah satu keputusan yang muncul dalam pertemuan itu dan disetujui pemegang saham Liga Inggris adalah penambahan jumlah pemain dalam line-up dan pemain pengganti.

Ide penggunaan lima pemain pengganti itu berasal dari FIFA yang mengusulkan perubahan kepada IFAB, selaku badan yang bertanggung jawab atas hukum permainan.

GIF Banner Promo Testimoni
Usulan itu muncul dari kemungkinan para pemain yang dituntut melakoni jadwal pertandingan padat di waktu yang singkat guna menyelesaikan kompetisi musim ini.

Meski demikian, kelima pemain itu hanya bisa dilakukan dalam tiga kesempatan. Sky Sports melaporkan, skema itu dibutuhkan guna mencegah penghentian waktu yang tidak perlu.

Saat "restart" pada 17 Juni nanti, pertandingan Manchester City vs Arsenal disebut akan jadi laga pembuka di masa new normal. Samai dengan saat ini, Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Inggris dengan unggul 25 poin atas Man City. (sry/nva)

[Gambas:Video CNN]