Gelandang Leverkusen Cetak Rekor Usai Bobol Gawang Munchen

CNN Indonesia | Minggu, 07/06/2020 06:58 WIB
Florian Wirtz of Leverkusen, right, is challenged by FC Bayern Munich's  Joshua Kimmich during the German Bundesliga soccer match between Bayer Leverkusen and Bayern Munich in Leverkusen, Germany, Saturday, June 6, 2020. (Matthias Hangst, Pool via AP) Florian Wirtz (kanan) membobol gawang Munchen. (AP/Matthias Hangst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang Bayer Leverkusen Florian Wirtz menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Bundesliga Jerman usai membobol gawang Bayern Munchen di pekan ke-30 di Stadion BayArena, Sabtu (6/6).

Dikutip dari Bleacher Report, catatan tersebut diciptakan Wirtz dengan mematahkan rekor milik Nuri Sahin saat bermain untuk Borussia Dortmund pada 2005 silam.

Ketika itu Sahin membobol gawang FC Nuremberg di usia 17 tahun 2 bulan 21 hari. Gol dari Sahin tersebut membawa Dortmund menang 2-1.


Lebih dari 14 tahun kemudian, rekor Sahin itu putus setelah Wirtz mencetak gol ke gawang Munchen yang dikawal Manuel Neuer.

Dalam pertandingan di matchday ke-30 tersebut Wirtz masih berusia 17 tahun 1 bulan 3 hari. Akan tetapi, gol dari Wirtz tersebut tidak mampu menyelamatkan Leverkusen dari kekalahan.

Meski bermain di kandang sendiri, Leverkusen tidak bisa mendominasi permainan. Penguasaan berada di tangan tim tamu.

GIF Banner Promo Testimoni
Leverkusen membuka gol lewat Lucas Alario di menit kesembilan. Namun di sisa babak pertama Munchen bisa bangkit dan membalikkan kedudukan menjadi 3-1 lewat gol Kingsley Coman (27'), Leon Goretzka (42'), dan Serge Gnabry (45+1').

Guna mengubah permainan, pelatih Leverkusen Peter Bosz mengganti tiga pemainnya di awal babak kedua, termasuk Wirtz yang menggantikan Karim Bellarabi.

Hanya saja, justru Munchen yang berhasil menambah gol di babak kedua lewat sundulan lewat Robert Lewandowski (66').

Gol tambahan Leverkusen baru datang di menit-menit akhir melalui Wirtz. Usai menerima operan dari Paulinho, Wirtz yang datang dari sisi kanan lebih dahulu mengecoh pemain belakang Munchen sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat bola meluncur ke tiang jauh gawang Neuer.

Gol di menit-menit akhir itu tidak saja menjadi yang perdana bagi Wirtz di Liga Jerman, tetapi juga menciptakan rekor sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga. (sry/sry)