Protokol Liga Spanyol yang Dimulai Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 11/06/2020 14:29 WIB
Barcelona's Antoine Griezmann, left, prepares to shoot past Getafe's goalkeeper David Soria to score his side's opening goal during a Spanish La Liga soccer match between Barcelona and Getafe at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Saturday Feb. 15, 2020. (AP Photo/G.Garin) Liga Spanyol kembali bergulir hari ini. (AP Photo/G.Garin)
Jakarta, CNN Indonesia -- La Liga Spanyol kembali bergulir dengan Sevilla vs Real Betis sebagai laga pembuka, Jumat (12/6) dini hari WIB, setelah sempat berhenti karena pandemi virus corona. Berikut protokol pertandingan Liga Spanyol di tengah pandemi.

Liga Spanyol menjadi liga top Eropa setelah Bundesliga Jerman yang kembali menjalankan kompetisi di tengah pandemi. Liga Spanyol akan menjalani 11 pekan pertandingan hanya dalam 39 hari hingga 19 Juli mendatang.

Dikutip dari Marca, banyak protokol pertandingan yang harus dijalani pemain di Liga Spanyol. Berikut sejumlah protokol pertandingan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton:


1. Sebelum Pertandingan

Pemain harus mengenakan masker dan sarung tangan saat perjalanan dari hotel tim ke stadion. Masker dan sarung tangan tetap dipakai di ruang ganti dan baru dilepas saat menjalani pemanasan.

Celta Vigo's Fyodor Smolov celebrates scoring the opening goal during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Celta de Vigo at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Sunday, Feb. 16, 2020. (AP Photo/Manu Fernandez)Liga Spanyol bergulir tanpa penonton. (AP Photo/Manu Fernandez)
Pemeriksaan suhu juga dilakukan sebelum masuk stadion. Cara masuk lapangan untuk menjalani pemanasan juga diatur sebagai berikut: tim tamu, tim tuan rumah, dan kemudian wasit lengkap dengan masker serta sarung tangan. Protokol itu dilakukan agar tidak ada pemain yang berkumpul di lorong.

Wasit harus dinyatakan negatif virus corona 24 jam sebelum pertandingan.

2. Saat Pertandingan

Tidak ada lagi jabat tangan wasit atau pemain lawan selama pertandingan. Coin toss untuk menentukan kickoff akan dilakukan dengan jarak dua meter. Tidak ada foto tim sebelum laga, begitu juga foto antar-kapten tim dengan wasit.

Pemain pengganti wajib menggunakan masker dan sarung tangan, duduk berjarak di tribune penonton. Kemudian perayaan gol tidak boleh melakukan kontak dan protes terhadap wasit dilarang dalam jarak di bawah dua meter.

Selain itu setiap pemain hanya boleh menggunakan satu botol untuk minum sepanjang pertandingan. Ballboy diwajibkan memakai masker dan sarung tangan. Semua bola juga wajib dibersihkan menggunakan cairan disinfektan.
GIF Banner Promo Testimoni

Saat jeda usai akhir babak pertama, para pemain wajib mengganti kostum dan kostum babak pertama ditaruh di area khusus.

3. Usai Pertandingan

Waktu pemain di ruang ganti tim usai pertandingan dibatasi. Begitu juga penggunaan kamar mandi. Konferensi pers dengan pemain dan pelatih akan dilakukan secara online, tidak ada mixed zone antara pemain dan jurnalis.

[Gambas:Video CNN] (har/nva)