PBSI Gelar Home Tournament di Masa Pandemi Corona

CNN Indonesia | Senin, 22/06/2020 17:33 WIB
Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo bertanding melawan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan dalam final Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 21 Juli 2019. Marcus-Kevin keluar sebagai juara setelah menang 21-19, 21-16. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono PBSI gelar Home Tournament di masa pandemi corona. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) siap menggelar Home Tournament di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Turnamen resmi terakhir selama pandemi terjadi adalah All England 2020 pada Maret lalu. Badminton World Federation (BWF) telah mengumumkan jadwal pertandingan terbaru yang dimulai Agustus mendatang, namun sejumlah turnamen akhirnya harus dibatalkan, salah satunya Hyderabad Open 2020 yang awalnya dijadwalkan pada tanggal 11-16 Agustus 2020.

Ketidakpastian jadwal dari BWF memicu PBSI gelar turnamen internal yang akan mempertemukan atlet pelatnas di Pelatnas PBSI Cipayung mulai 24 Juni 2020.


"Atlet sudah menjalani latihan cukup panjang, mulai dari latihan untuk jaga kondisi dan feel bermain, hingga latihan intensif mulai awal Juni untuk pengkondisian persiapan menuju turnamen," kata Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Tapi melihat perkembangan yang ada, sejumlah turnamen batal. Turnamen yang sudah dijadwalkan pun masih belum ada kepastian, sedangkan para pelatih melihat anak-anak sudah haus bertanding," sambungnya.

Budiharto menjelaskan inisiatif dilakukan demi menjaga gairah kompetisi para atlet pelatnas. Semula hanya ditujukan kepada tim ganda putra namun sektor lain punya keinginan yang sama.

Kendati demikian, turnamen internal PBSI bakal digelar sesuai protokol kesehatan pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BATC 2020 (dok. PBSI)Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BATC 2020 (dok. PBSI)

"Kejuaraan ini dilangsungkan tanpa penonton dan protokol pencegahan Covid-19 akan tetap berjalan," ujar Budiharto.

Home Tournament akan mempertandingkan satu sektor di tiap minggunya, pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Tim ganda putra akan membuka kompetisi ini pada 24-26 Juni mendatang. Sebanyak enam pasang akan bertarung dengan format setengah kompetisi dan akan memperebutkan total hadiah Rp100 juta.

Pemenang akan mendapat hadiah sebesar Rp50 juta, runner up Rp25 juta, selebihnya akan diberikan kepada pasangan peringkat ketiga sampai keenam.

Kejuaraan ini akan diselenggarakan layaknya kejuaraan resmi, lengkap dengan wasit, hakim servis, hakim garis, serta team match control.

Pertandingan akan dilangsungkan dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan sesi sore akan berlangsung pada pukul 15.00. WIB.

Berikut daftar enam pasang ganda putra yang akan bertanding:

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani
2. Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri
3. Mohammad Ahsan/Leo Rolly Carnando
4. Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana
5. Muhammad Rian Ardianto/Daniel Marthin
6. Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

(jun/sry)

[Gambas:Video CNN]