MotoGP Spanyol 2020 Diputuskan Tanpa Penonton

x, CNN Indonesia | Kamis, 25/06/2020 01:07 WIB
Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez rides ahead Petronas Yamaha SRT's French rider Fabio Quartararo during the MotoGP race of the MotoGP Valencia Grand Prix at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste near Valencia, on November 17, 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) MotoGP 2020 akan dimulai di Sirkuit Jerez pada 19 Juli. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah sempat muncul kemungkinan membuka tribune bagi penonton, MotoGP Spanyol 2020 yang merupakan seri perdana MotoGP 2020 dipastikan berlangsung tertutup.

Rapat antara Dewan Kota Jerez, Pemerintah Andalusia, dan Dorna memutuskan tidak akan ada penonton yang boleh hadir.

Keputusan itu berlaku bagi dua balapan MotoGP yang akan berlangsung pada 19 dan 26 Juli serta satu balapan Superbike yang dihelat 2 Agustus.


Sebelumnya pihak penyelenggara sempat menganalisis kemungkinan menggelar balapan dengan jumlah penonton terbatas dan mengaplikasikan jarak fisik, namun demi memastikan beragam faktor seperti keamanan tim dan personel, kelanjutan kompetisi, serta citra pemerintah maka balapan dipastikan tak bakal membuka pintu untuk penonton.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Sebelumnya penyelenggara MotoGP Catalunya yang berlangsung di Barcelona juga sudah memastikan bakal melangsungkan perlombaan tanpa penonton.

Sementara beberapa panitia lokal, yang akan menggelar balapan di Misano, Le Mans, dan Valencia masih berharap pemerintah setempat dapat melonggarkan aturan demi keberadaan penonton.

Kehadiran fan menjadi buah simalakama dalam penyelenggaraan balap karena di satu sisi dapat memberi pemasukan finansial, namun di saat kondisi pandemi virus corona kerumunan massa bisa berpotensi menyebarluaskan covid-19.

Penyelenggaraan balap MotoGP 2020 merupakan salah satu yang terkena dampak wabah virus corona. Dijadwalkan dimulai Maret seperti sebelumnya, ajang balap motor paling kesohor ini kemungkinan baru dapat dimulai 19 Juli.

(nva/nva)

[Gambas:Video CNN]