Liverpool era Klopp: Raja Eropa, Kuasai Dunia, Juara Inggris

CNN Indonesia | Jumat, 26/06/2020 12:47 WIB
Liverpool's Mohamed Salah, front left, celebrates with teammates after scoring his side's opening goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Sheffield United at Anfield Stadium, Liverpool, England, Thursday, Jan. 2, 2020. (AP Photo/Jon Super) Liverpool berhasil jadi juara Liga Inggris musim ini. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool era Jurgen Klopp justru lebih dulu berhasil merebut trofi Liga Champions disusul Piala Dunia Antarklub sebelum akhirnya juara Liga Inggris.

Klopp berhasil menuntaskan misinya membawa Liverpool jadi juara Liga Inggris. Hal ini juga membuat puasa gelar yang telah berlangsung selama 30 tahun berakhir untuk The Reds.

Menariknya, gelar Liga Inggris ini justru datang di urutan terakhir bila dibandingkan Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub yang telah lebih dulu dimenangkan.


Klopp sukses membawa Liverpool ke final Liga Champions dua tahun beruntun di 2018 dan 2019 dengan hasil satu gelar juara pada musim lalu. Di babak final, Liverpool menaklukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Southampton's Pierre-Emile Hoejbjerg, right, challenges Liverpool's Mohamed Salah during the English Premier League soccer match between Liverpool and Southampton at Anfield Stadium, Liverpool, England, Saturday, February 1, 2020. (AP Photo/Jon Super)Liverpool belajar banyak dari kegagalan di Liga Inggris musim lalu. (AP Photo/Jon Super)

Setelah sukses di Liga Champions, Liverpool era Klopp melanjutkan performa apiknya dengan memenangkan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Liverpool mengalahkan Chelsea dalam drama adu penalti untuk merebut Piala Super Eropa dengan skor 5-4 setelah di waktu normal skor imbang 2-2.

Sedangkan di Piala Dunia Antarklub, Liverpool jadi juara setelah mengalahkan klub Brasil Flamengo dengan skor tipis 1-0 pada akhir tahun lalu.

Misi memenangkan Liga Inggris pun akhirnya dituntaskan oleh Liverpool di musim ini. Sejatinya, Liverpool sudah menjadi tim yang solid dan konsisten di Liga Inggris musim lalu.

Pada musim lalu The Reds mengakhiri musim dengan catatan 97 poin, namun secara menyakitkan gagal jadi juara Liga Inggris karena Manchester City juga tampil konsisten dan mengakhiri musim dengan keunggulan satu poin.

GIF Banner Promo Testimoni

Penantian Liverpool era Klopp untuk jadi juara Liga Inggris akhirnya dituntaskan di musim ini. The Reds seolah tak mau mengulangi kesalahan musim lalu dan berusaha tampil maksimal dari awal hingga akhir kompetisi.

Dengan keberhasilan Liverpool jadi juara liga Inggris, Klopp telah membawa Liverpool jadi juara di kompetisi domestik, benua, dan juga tingkat dunia.

(ptr/har)

[Gambas:Video CNN]