12 Pemain Bhayangkara FC Berstatus Polisi Aktif

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 17:13 WIB
Sejumlah pesepak bola dan ofisial Bhayangkara FC berlari saat latihan mandiri di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (22/6/2020). Sebanyak lima pesepak bola Bhayangkara FC itu berlatih secara mandiri saat masa pandemi COVID-19 untuk menjaga kondisi mereka agar dapat tampil maksimal dalam lanjutan Liga 1 2020. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. Dua belas pemain di skuad Bhayangkara FC berstatus anggota polisi aktif. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain yang berstatus polisi anggota polisi aktif di Bhayangkara FC tergolong banyak. Dari 32 pemain yang masuk skuat tampil di Liga 1 2020, 12 di antaranya adalah anggota polisi.

Sebagai klub yang merupakan merger antara PS Polisi dengan Surabaya United pada 2016, Bhayangkara FC tak mau menyia-nyiakan kemampuan polisi yang memiliki bakat di bidang sepak bola.


Mulai dari penjaga gawang, Awan Setho Raharjo yang saat ini berstatus sebagai anggota Biro Sumber Daya Manusia Polda Jawa Tengah. Awan juga merupakan salah satu kiper andalan Timnas Indonesia sejak di U-19, U-23 sampai ke senior.

Kiper ketiga Bhayangkara FC, Panggih Prio Sembodho juga merupakan anggota polisi. Sebelum ke Bhayangkara, Panggih sempat membela Persipura Jayapura dengan status pemain pinjaman pada 2019 lalu. Penjaga gawang Bhayangkara FC lainnya, Indra Adi Nugraha juga tercatat sebagai polisi aktif di Lantas Polres Trenggalek.


Pesepak bola Bali Bhayangkara FC, Muhammad Fatchu Rochman (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Yabes Rony Malaifani dalam pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (21/5/2019). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama.Muhammad Fatchu Rohman (kanan) merupakan salah satu dari satu anggota polisi aktif di Bhayangkara FC. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)


Kapten tim Indra Kahfi Ardhiyasa juga berstatus anggota polisi yang bekerja di Mabes Polri. Pemain asli Jakarta itu merupakan kakak kandung dari kiper Persija Jakarta sekaligus Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Selain itu ada I Putu Gede Juni Antara, bek kanan yang berpangkat Briptu. Ia resmi dilantik sebagai polisi setelah lulus pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto pada 2017 lalu.

Satu angkatan dengan Putu Gede yakni Hargianto di SPN 2017. Gelandang Bhayangkara yang pernah dipinjamkan ke Persija Jakarta itu saat ini masih tercatat sebagai anggota polisi di Polda Jawa Timur.

Muhammad Fatchurohman atau yang akrab disapa Fatchoy ini juga mengikuti pendidikan SPN sebelum akhirnya resmi menjadi polisi. Fatchoy juga merupakan eks pemain Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri.

Sama dengan Fatchoy, Putu Gede dan Hargianto, Wahyu Subo Seto merupakan pemain Bhayangkara FC yang berprofesi sebagai polisi. Wahyu merupakan anak dari legenda Persebaya Surabaya, Yusuf Ekodono sekaligus saudara kandung dari Fandi Eko Utomo.

Pemain Bhayangkara lainnya yang juga berprofesi sebagai polisi yakni Alsan Sanda. Berpangkat Bripda, Alsan kini bertugas sebagai anggota Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur.

Banner Live Streaming MotoGP 2020


Sedangkan Teuku Muhammad Ichsan merupakan gelandang Bhayangkara FC asal Bireuen, Nangroe Aceh Darussalam juga berstatus sebagai polisi. Saat ini, ia berstatus Bripda bertugas di Polda Aceh.

Penyerang The Guardian yang mulai naik daun saat memperkuat Persela Lamongan, Dendy Sulistyawan, juga merupakan anggota polisi. Dendy menjalani pendidikan kepolisiannya di SPN Mojokerto.

Terakhir, pemain Bhayangkara FC yang berprofesi sebagai polisi adalah Sani Rizki Fauzi. Polisi yang sekarang berpangkat Briptu itu bertugas di Brimob Polda Metro Jaya.



Nama Sani sempat ramai diberitakan ketika jadi pahlawan Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 Kamboja. Atas prestasinya tersebut, Sani mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa yang diberikan langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Daftar pemain Bhayangkara FC 2020 yang berstatus anggota polisi:

1.Awan Setho Raharjo
2.Panggih Prio Sembodho
3.Indra Adi Nugraha
4.Indra Kahfi Ardhiyasa
5.I Putu Gede Juni Antara
6.Alsan Putra Mas'at Sanda
7.Muhammad Fatchu Rochman
8.Muhammad Hargianto
9.Teuku Muhammad Ichsan
10.Wahyu Subo Seto
11.Sani Rizki Fauzi
12.Dendy Sulistyawan

[Gambas:Video CNN]



(TTF/jal)