Lin Dan Dominan Lawan Atlet Indonesia, kecuali Shesar Hiren

x, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 07:29 WIB
Shesar Hiren Rhustavito di Thailand Open 2019 Thailand Open 2019 momen ketika Shesar Hiren mengalahkan Lin Dan. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dari puluhan nama pemain badminton asal Indonesia yang pernah melawan Lin Dan, hanya Shesar Hiren Rhustavito yang mampu membukukan keunggulan head to head melawan mantan andalan China berjuluk Super Dan itu.

Shesar adalah salah satu pebulu tangkis dari generasi terkini pelatnas Cipayung yang memiliki kesempatan melawan Lin Dan yang baru saja memutuskan pensiun.

Sebelumnya, Lin Dan sudah menghadapi andalan-andalan Merah Putih dari awal 2000-an seperti Budi Santoso, Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, dan Taufik Hidayat.


Karier panjang Lin Dan di arena badminton membuatnya bertemu dengan penerus era Taufik dan kawan-kawan seperti Dionysius Hayom Rumbaka dan Tommy Sugiarto.

Simon hanya diberi satu kemenangan dari 12 pertemuan, sementara Sony hanya mampu meraih tiga kemenangan dan menelan sembilan kekalahan.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Taufik pun lebih sering kalah. Setelah meraih empat kemenangan pada awal pertemuan dengan Lin Dan, Taufik kemudian mengalami kekalahan beruntun setiap bertemu dengan rivalnya tersebut. Total, Taufik menang empat kali dalam 17 pertemuan.

Lin Dan pun membukukan keunggulan atas generasi Indonesia selanjutnya seperti Dionysius Hayom Rumbaka, Andre Kurniawan Tedjono, Alamsyah Yunus, dan Tommy Sugiarto.

Lin Dan memiliki catatan keunggulan yang tipis ketika bertemu Jonatan Christie (4-3) dan Anthony Sinisuka Ginting (3-2).

Sementara Shesar menjadi satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang tercatat unggul atas Lin Dan. Dikutip dari situs BWF Badminton, Shesar menaklukkan Lin Dan dalam satu-satunya laga yang terjadi di antara keduanya.

Kemenangan Shesar diraih pada Thailand Open 2019. Ketika itu Shesar menang 21-12, 15-21, dan 21-10.

Rekor Pertemuan Atlet Indonesia Melawan Lin Dan:

Simon Santoso 1-11
Taufik Hidayat 4-13
Andre Kurniawan Tedjono 0-2
Sony Dwi Kuncoro 3-9
Tommy Sugiarto 2-6
Alamsyah Yunus 0-2
Rony Agustinus 0-2
Ihsan Maulana Mustofa 1-4
Jonatan Christie 3-4
Anthony Sinisuka Ginting 2-3
Shesar Hiren Rhustavito 1-0
Dionysius Hayom Rumbaka 0-1
Budi Santoso 0-1

[Gambas:Video CNN]



(nva/ptr)